Ling Shen Yao

Wanita Harus Tahu Macam-Macam Kista dan Cara Penanganannya

Kista merupakan benjolan yang terdapat di bawah kulit berisi gas, cairan atau zat semi padat seperti rambut. Penyakit ini bisa tumbuh di bagian tubuh manapun seperti kulit kepala, lengan, punggung, wajah, belakang lutut dan juga selangkangan. Bahkan, kista juga dapat tumbuh di organ dalam tubuh seperti rahim, hati, otak, ginjal dan ovarium.

Macam-macam Kista yang Menyerang Wanita

Bentuk kista hampir menyerupai sebuah kantung atau kapsul tertutup. Ukuran kista pun bermacam-macam, ada yang sangat kecil dan tidak kasat mata, ada pula yang besar hampir seperti bola. Terdapat banyak sekali jenis kista yang dapat tumbuh di dalam tubuh, namun pada umumnya kista tersebut jinak dan tidak berbahaya karena bersifat non-kanker.

Berikut uraian mengenai macam-macam kista yang perlu kita ketahui.

1. Kista ovarium


Kista ovarium merupakan jenis penyakit berupa benjolan berisi cairan dan tumbuh di indung telur wanita (ovarium). Jenis kista ini tergolong umum dialami oleh kebanyakan wanita. Pada umumnya jenis kista ini tidak berbahaya bahkan dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus melakukan treatment khusus.
Kista ovarium biasanya muncul tanpa adanya gejala di awal. Meskipun termasuk jinak namun perlu diwaspadai jika kista ovarium ini tumbuh dengan ukuran besar. Kista berukuran besar dan pecah dapat menyebabkan gejala serius seperti pusing, pingsan, demam, kesulitan bernapas, nyeri pada perut dan juga panggul.

2. Kista payudara


Macam-macam kista yang perlu kita ketahui berikutnya adalah kista payudara. Kista ini tumbuh di dalam jaringan payudara. Penyakit kista ini umumnya tidak berbahaya dan tidak akan menyebabkan sel kanker. Dalam sejumlah kasus, kondisi kista ini tidak memerlukan treatment khusus, namun jika kista nampak membesar maka diperlukan penanganan serius untuk mengobatinya.

3. Kista epidermoid


Kista epidermoid merupakan macam-macam kista yang tumbuh di bagian bawah kulit. Kondisi pembengkakan kulit ini bisa terjadi di bagian manapun seperti kepala, wajah, leher, punggung bahkan bagian  alat vital. Umumnya, jenis kista ini tidak berbahaya atau jinak. Namun ditemukan dalam sejumlah kasus, kista epidermoid tergolong kista yang mengganggu karena dapat mempengaruhi penampilan, mengakibatkan nyeri dan juga menimbulkan infeksi.

4. Kista ganglion


Macam-macam kista yang perlu kita ketahui berikutnya adalah kista ganglion. Kista ini ditandai dengan benjolan jinak pada bagian persendian. Biasanya jenis kista ini muncul pada bagian ruas jari tangan maupun pergelangan tangan.
Meskipun sangat jarang ditemui, namun peyankit kista ganglion juga dapat muncul di bagian tubuh lain seperti punggung kaki, pergelangan kaki, lutut bagian luar dan juga ujung jari tangan.

5. Kista baker


Kista baker merupakan kantong berisi cairan yang mengakibatkan adanya benjolan pada bagian belakang lutut. Kondisi penyakit ini akan menjadi lebih buruk saat penderita sering melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan lutut.
Kista baker pada umumnya diakibatkan oleh timbunan cairan synovial (pelumas sendi) yang berlebih pada lutut. Penyakit ini dipicu oleh beberapa kondisi lutut yang bermasalah seperti tulang rawan lutut yang robek atau radang sendi.

6. Kista dermoid


Macam-macam kista berikutnya adalah kista dermoid. Kondisi penyakit ini ditandai dengan munculnya kantong pada tubuh yang berisi berbagai struktur jaringan, seperti kelenjar keringat, folikel rambut, jaringan saraf dan juga gigi. Kista dermoid bisa tumbuh pada permukaan kulit maupun organ tubuh yang lain seperti rongga sinus, tulang belakang, di dalam hidung, otak, indung telur serta rongga perut.

Selain macam-macam kista yang sudah diuraikan di atas, juga terdapat jenis kista lainnya yang dapat menyerang tubuh. Macam-macam kista lainnya seperti kista arachnoid, kista labial, kista epididimis, kista pilonidal, kista pineal, kista nabothi, kista tiroglosal, kista koloid, kista celah brankial, kista mukosa, kista testis, kista tiroid, kista hati, kista pankreas, kista sinus, kista hemoragik, kista pilar,kista konjungtiva, kista bartholin, dan kista ginjal

Cara mengatasi kista dengan bahan alami

Yang perlu diwaspadai, meskipun macam-macam kista yang sudah disebutkan di atas pada umumnya bersifat jinak, namun kegiatan pencegahan sangat dibutuhkan agar tidak terjadi gangguan kesehatan yang tidak diinginkan. Selain itu mengkonsumsi obat herbal untuk tindakan penyembuhan kista juga dianjurkan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan lain atau komplikasi serius.

Ling Shen Yao merupakan salah satu produk herbal yang dapat menjadi alternatif tepat untuk menyembuhkan kista, tumor, kanker maupun endometriosis secara alami. Obat herbal ini aman dikonsumsi anak-anak, ibu hamil atau ibu menyusui. Produk herbal ini juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat resep dari dokter.

Ling Shen Yao diproduksi dari bahan alami yang berkhasiat sebagai anti-kanker, anti metastasis (mencegah penyebaran dan penggandaan sel kanker), dan juga anti inflamasi (pembengkakan). Menggunakan produk herbal dari bahan alami yang sudah terbukti aman tanpa efek samping merupakan pilihan tepat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *