Ling Shen Yao

Tips Jitu Cara Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini

Hingga saat ini, kanker serviks masih masuk dalam kategori penyakit kanker mematikan yang cukup banyak dialami wanita di penjuru dunia. Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa penyakit kanker serviks bukan diakibatkan oleh faktor genetik, namun karena infeksi virus yang dikenal dengan nama human papillomavirus (HPV). Lantas, bagaimana cara mencegah kanker serviks sejak dini? Simak ulasan berikut.

Cara Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini

Sebagian besar penyakit ini ditularkan oleh infeksi HPV melalui hubungan seksual. Umumnya infeksi virus tersebut rentan dialami oleh wanita yang mulai melakukan hubungan seks di usia relatif muda atau berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan. Kanker serviks merupakan salah satu penyebab kematian cukup tinggi bagi wanita dewasa. Namun demikian, penyakit ini pada dasarnya dapat dicegah.

Berikut beberapa cara mencegah kanker serviks sejak dini yang bisa dilakukan para wanita untuk kesehatan tubuhnya.

1. Rutin menjalani pap smear


Cara mencegah kanker serviks sejak dini yang pertama adalah melakukan pemeriksaan kesehatan wanita yang sering disebut dengan pap smear. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel dari alat kelamin wanita dengan menggunakan speculum. Kemudian, dokter akan mengambil sel-sel yang ada di leher rahim untuk diuji di laboratorium. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan ataupun gejala.
Tes pap smear akan memberikan hasil apakah ada tanda-tanda sel kanker pada leher rahim maupun apakah terdapat perubahan yang memicu terjadinya kanker serviks. Tes pap smear disarankan untuk dilakukan secara rutin setiap 3 tahun sekali bagi wanita dengan rentan usia 21-29 tahun.

2. Melakukan tes HPV DNA


Melakukan pemeriksaan HPV DNA merupakan salah satu cara mencegah kanker serviks sejak dini berikutnya. Tes ini dilakukan dengan mengumpulkan sel yang ada di leher rahim kemudian diuji untuk mengetahui keberadaan HPV. Bagi wanita berusia 30 tahunan lebih menyukai tes ini karena dianggap lebih nyaman.

3. Melakukan tes Loop Electrosurgical Excision Procedure


Pemeriksaan ini memakai kawat yang memiliki tegangan listrik cukup rendah guna mengambil sampel jaringan. Wanita yang melakukan tes ini diperlukan pembiusan terlebih dahulu sebelum menjalani pemeriksaan.

4. Melakukan tes biopsi kerucut


Cara mencegah kanker serviks sejak dini berikurnya adalah dengan melakukan pemeriksaan biopsi kerucut. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendapatkan sampel berupa lapisan sel serviks dengan lebih mendalam. Tes ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit karena dibutuhkan tindakan anestesi untuk  pemeriksaannya.

5. Lakukan pemeriksaan pencitraan


Tes pencitraan pada umumnya dilakukan untuk mendiagnosis indikasi penyakit kanker serviks. Selain itu, tes ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana sel kanker menyebar dalam tubuh. Beberapa jenis tes yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah kanker serviks sejak dini antara lain Magnetic resonance imaging (MRI), X-ray Computerized tomography (CT) scan atau Positron emission tomography (PET).

 6. Vaksinasi HPV


Langkah lain yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah kanker serviks dari dini adalah dengan melaksanakan vaksinasi HPV. Bukan hanya ditujukan pada wanita saja, vaksinasi HPV ini juga disarankan untuk para pria untuk mencegah terjadinya infeksi virus tersebut.

7. Jangan merokok


Saat seseorang merokok, bukan hanya mereka saja yang rugi namun orang-orang yang ada di sekitar perokok pun juga akan dirugikan. Hal ini karena di area perokok tersebut akan terpapar bahan kimia yang menjadi salah satu pemicu kanker dan mempengaruhi organ tubuh selain paru-paru. Zat berbahaya yang terdapat pada rokok akan terserap pada paru-paru lalu di bawa dalam aliran darah menuju seluruh tubuh.
Bagi wanita perokok, disebutkan bahwa ia akan memiliki kemungkinan dua kali lipat untuk terkena kanker serviks dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Oleh karena itu usahakan untuk menghindari merokok ataupun hindari area perokok sebagai cara mencegah kanker serviks dari dini.

8. Lakukan kegiatan seks yang aman


Virus HPV dapat ditularkan melalui kegiatan seks yang tidak aman seperti tidak menggunakan kondom dan berganti-ganti pasangan. Perlu diketahui, virus ini tidak hanya menular melalui penetrasi saja namun juga bisa menular dengan kontak seksual lain seperti oral seks, penggunaan alat bantu seks atau anal seks.

9. Menjaga kebersihan vagina


Cara mencegah kanker serviks dari dini berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan vagina. Langkah ini sangat perlu diperhatikan terutama bagi wanita yang sedang keputihan atau menstruasi.

Selain beberapa cara mencegah kanker serviks sejak dini di atas, penggunaan obat herbal juga bisa dilakukan untuk pencegahan. Salah satu obat herbal yang berkhasiat penting untuk mencegah kanker serviks adalah Ling Shen Yao.

Obat herbal ini dapat diminum untuk mengatasi masalah kanker serviks tanpa melakukan operasi. Terapi obat herbal ini memiliki metoda adaptogen yang ditemukan oleh sang ilmuwan Jepang sehingga terbukti aman dan ampuh untuk mengatasi masalah kanker. Selain ampuh untuk mengatasi kanker, obat herbal ini juga ampuh untuk membantu mengatasi miom, kista, endometriosis dan juga gangguan pada rahim yang lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *