Ling Shen Yao

Sitz Bath: Metode Terapi Kista Bartholin Untuk Percepat Penyembuhan

Dalam catatan medis, penyakit kista terbagi menjadi beberapa jenis seperti halnya kista payudara, kista ovarium dan beberapa jenis kista yang ditemukan pada bagian tubuh berbeda. Setiap jenis kista memiliki penanganan tersendiri dan lebih sering tindakan operasi akan direkomendasikan oleh dokter. Jika sudah demikian, banyak wanita yang menolak akan tindakan tersebut dan lebih memilih alternative solusi lainnya. Seperti halnya kista bartholin yang bisa disembuhkan dengan melakukan terapi kista.

Sekalipun seseorang lebih memilih untuk memanfaatkan terapi kista dalam menangani kista bartholin, pada kenyataannya terapi tersebut terbilang membutuhkan waktu cukup lama. Sedangkan keefektifan dari terapi ini terbilang cukup baik karena banyak praktisi kesehatan yang merekomendasikan tindakan ini jikalau tindakan operasi menjadi momok tersendiri bagi seorang wanita.

Mengenal lebih jauh tentang kista bartholin

Sebelum membahas mengenai terapi kista, untuk diketahui bahwasannya kista bartholin itu sendiri merupakan jenis kista yang pada hakikatnya muncul ketika kelenjar bartholin yang bertanggungjawab memproduksi pelumas pada vagina tidak bisa bekerja dengan maksimal. Dalam hal ini, cairan pelumas yang sering kali diproduksi oleh vagina kembali masuk karena ditemukannya kista pada bagian tersebut. Pengumpulan cairan tersebut dalam jangka panjang akan menyebabkan infeksi yang dikenal sebagai abses bartholin.

Pada awalnya, kista bartholin memiliki ukuran yang cukup kecil dan sulit untuk dideteksi. Akan tetapi, potensi benjolan pada bukaan vagina menjadi besar sangatlah mungkin terjadi dan jika sudah demikian, maka Anda harus segera memeriksakan diri.

Sering kali kondisi ini menyebabkan nyeri hingga pada akhirnya Anda merasa tidak nyaman ketika sedang beraktivitas. Kondisi ini nantinya bisa diatasi secara perlahan dengan melakukan terapi kista. Dengan adanya terapi ini, maka nyeri kista akan berkurang hingga pada akhirnya sedikit mengurangi nyeri saat berhubungan intim.

Solusi kista bartholin dengan sitz bath

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwasannya kista bartholin bisa disembuhkan dengan memanfaatkan terapi kista yang dikenal dengan sebutan sitz bath. Metode terapi ini dilakukan dengan berendam pada air hangat secara rutin.

Untuk mempercepat penyembuhan kista bartholin, Anda bisa melakukan perendaman dengan metode ini setidaknya sevabyaj 3-4 kali dalam sehari. Benjolan akibat kista bartholin tersebut nantinya akan mengecil dan pecah dengan sendirinya.

Metode sitz bath yang pada dasarnya merupakan terapi kista ini memiliki prosedur atas perendaman bagian bokong dan juga kemaluan. Adanya paparan air hangat yang cukup lama inilah kemudian menjadi alat bantu alami untuk mengatasi permasalahan kista bartholin. Anda dapat berendam selama 15 hingga 20 menit. Sebagai media untuk melakukan prosedur terapi ini, Anda dapat menggunakan bath up maupun bak mandi.

Bagaimana terapi sitz bath dilakukan?

Jika Anda saat ini sedang mengalami kista bartholin, kini saatnya Anda mencoba menerapkan terapi kista dengan metode sitz bath ini. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik sekaligus meminimalisir berbagai permasalahan yang muncul karena penyakit ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pertimbangkan mengenai sitz bath yang sesuai

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum Anda menjalankan terapi kista sitz bath ini adalah dengan mempertimbangkan sitz bath yang sesuai. Ini bisa Anda lakukan dengan mengunjungi apotek dan menanyakannya secara langsung. Secara umum, perlengkapan ini terdiri dari kantong plastic yang dilengkapi dengan tabung untuk menyemprotkan air pada lubang perineum. Jenis peralatan ini bisa Anda konsultasikan pada apotek tempat Anda membeli sitz bath.

  • Ciptakan kondisi kamar mandi yang nyaman

Selanjutnya, persiapan lain yang tidak luput dari perhatian adalah dengan mengkondisikan kamar mandi senyaman mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan menempatkan lilin aroma therapy pada beberapa sisi sehingga Anda akan semakin nyaman ketika sedang melakukan terapi kista tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan beberapa buku bacaan ataupun games favorit agar bisa menikmati proses terapi sitz bath.

  • Gunakan zat kimia lain dalam prosesnya

Tindakan terapi kista akan memberikan hasil yang jauh lebih maksimal ketika Anda mencoba untuk menambahkan beberapa bahan kimia bermanfaat seperti halnya garam Epsom, baking soda, witch hazel ataupun vinegar. Tindakan ini dilakukan untuk menghambat adanya pertumbuhan bakteri jahat yang sering kali berpotensi menjadi penyebab terjadinya infeksi. Untuk diingat, jangan sesekali menambahkan sesuatu yang beraroma wangi karena bisa menyebabkan keseimbangan PH vagina terganggu.

Kombinasi Ling Shen Yao dengan Terapi Kista Sitz Bath

Tindakan terapi kista sitz bath ini akan memberikan manfaat yang maksimal ketika Anda kombinasikan dengan mengkonsumsi produk herbal Ling Shen Yao. Ditawarkan dalam bentuk serbuk dan tablet, produk yang telah mendapatkan sertifikasi dari BPOM TR 023216331 (serbuk) dan BPOM TR 033522281 (tablet) ini sangat cocok dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak dengan dosis yang berbeda. Untuk dewasa, 2-4 tablet 4 kali sehari dan untuk anak-anak 2 tablet 4 kali sehari. Sedangkan untuk pemeliharaan, bisa dikonsumsi 2 tablet 2 kali sehari.

Selanjutnya, produk Ling Shen Yao ini bisa Anda konsumsi dengan menyesuaikan kondisi kista yang Anda alami. Tanpa mengabaikan terapi kista sitz bath, untuk pengobatan tahap awal bisa dilakukan dalam waktu 1 hingga 3 bulan dan jika sudah stadium menengah dan lanjut, pengobatan dengan Ling Shen Yao bisa dilakukan selama 3 hingga 6 bulan.

 Dengan mengkombinasikan pengobatan melalui terapi sitz bath, mengkonsumsi Ling Shen Yao serta menjauhi berbagai makanan penyebab kista, Anda akan terbebas dari penyakit ini dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *