Begini Penjelasan Antara Perbedaan Kista dan Miom yang harus anda ketahui. Dan juga cara untuk mengobatinya dengan obat herbal untuk kista ling shen yao.

Apakah perbedaan kista dan miom? Banyak orang menganggap keduanya hampir sama karena gejalanya yang tidak jauh berbeda. Padahal, kista ovarium dan mioma memiliki beberapa perbedaan mendasar. Berikut di antaranya:

4 Perbedaan Kista dan Miom

  • Letak

Seorang wanita memiliki dua ovarium yang terletak di bagian bawah perut, yaitu kedua sisi uterus. Ovarium berfungsi untuk memproduksi sel telur serta hormon estrogen dan progesteron. Kista yang berbentuk seperti kantong berisi cairan dapat tumbuh di salah satu ovarium. Sementara itu, miom adalah sel abnormal yang tumbuh di dalam uterus (rahim).

  • Tipe

Perbedaan antara kista dan miom adalah pada tipenya. Berdasarkan tipenya, ada dua jenis kista, yaitu follicle cyst dan corpus luteum cyst. Follicle cyst adalah kista yang tumbuh dalam kantong folikel, yaitu tempat sel telur berkembang. Pada umumnya, folikel ini akan terbuka dan melepaskan sel telur. Namun, jika tidak terbuka, cairan di dalam folikel dapat membentuk kista ovarium.

Sementara itu, jenis corpus luteum cyst adalah kista yang muncul karena folikel tidak larut setelah melepaskan sel telur. Di dalam folikel bisa terkumpul cairan dan akumulasinya menjadi kista ovarium.

Berbeda dengan kista, mioma terbagi atas beberapa jenis, yaitu intramural fibroids, subserosal fibroids, pedunculated fibroids, dan submucosal fibroid. Pembagian tipe ini didasarkan pada letaknya di uterus. Intramural fibroids misalnya, tumbuh di dalam dinding otot rahim. Sementara itu, subserosal fibroids tumbuh di bagian luar dinding rahim.

  • Gejala

Beberapa gejala kista adalah rasa mual dan muntah, perut terasa kembung dan bengkak, gerakan usus yang menyakitkan, dan rasa nyeri pada saat melakukan hubungan seksual. Pada kasus yang berat, gejalanya adalah nyeri panggul yang parah, demam, pingsan, dan bernapas cepat.

Sementara itu, gejala mioma adalah terjadi pendarahan hebat selama menstruasi, rasa sakit pada bagian panggul, kram pada saat menstruasi, intensitas buang air kecil yang lebih banyak, menstruasi yang terjadi lebih lama daripada biasanya, dan tekanan atau rasa penuh pada bagian bawah perut.

Baca Juga : Penyakit Endometriosis: Ini 5 Tanda Anda Terserang oleh Penyakit ini (Segera Tangani)

  • Komplikasi

Meskipun jarang, komplikasi yang mungkin terjadi pada kista ovarium adalah kanker, ovarium terpilin, dan pendarahan hebat yang meningkatkan risiko infeksi jika kista pecah.

Komplikasi yang terjadi pada mioma adalah anemia dan kemandulan. Apabila mioma terjadi pada wanita hamil, dapat menyebabkan kelahiran prematur maupun keguguran.

Obat Herbal Untuk Kista dan Miom Ling Shen Yao

Nah, demikian sekilas perbedaan antara kista dan miom. Untuk membantu mengobati kista ovarium maupun mioma, Anda bisa menggunakan Ling Shen Yao, salah satu produk herbal yang diolah secara modern dan higienis di bawah pengawasan ahli farmasi.

Selain telah teruji secara praklinis dan terbukti khasiatnya, produk ini juga telah memiliki izin edar dari BPOM.

Beli Lewat Shopee Beli Lewat Tokopedia Beli Lewat Whatsapp