Ling Shen Yao

Penyebab Kanker Terbesar yang Harus Diwaspadai

Kanker menjadi salah satu momok penyakit yang ditakuti oleh semua orang. Hal ini disebabkan karena, kanker sendiri tergolong sebagai panyakit ganas yang sangat berbahaya dan mematikan. Oleh sebab itu, penting bagi kita semua untuk mengenal penyebab kanker terbesar serta melakukan upaya untuk mencegah terjadinya kanker pada tubuh sejak dini.

Sebelum mengetahui apa saja penyebab dan cara mencegah penyakit kanker, ada baiknya jika Anda mengenal lebih jauh seperti apa kanker itu sendiri.

Secara umum, kanker adalah penyakit pertumbuhan sel di dalam tubuh yang abnormal dan tidak terkendali. kondisi ini dapat memengaruhi dan merusak sel-sel normal yang ada disekitarnya maupun di bagian tubuh lain.

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti mmengetahui bahwa kanker merupakan penyakit ganas yang dapat berujung pada kematian. Selain itu, kanker juga dikenal penyakit yang menjadi penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Pasalnya, kanker sering kali tidak menimbulkan gejala spesifik pada masa awal perkembangannya. Hal ini menyebabkan penderita baru mengetahui dan melakukan pengobatan saat telah menginjak stadium lanjut.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk melakukan cek kesehatan atau pemeriksaan skrining secara berkala. Hal ini bertujuan agar jika ada kanker, maka dapat terdeteksi secara dini. Pasalnya, semakin cepat sel kanker di dalam tubuh terdeteksi, maka peluang untuk sembuh dari penyakit ganas ini pun akan semakin besar.

Penyebab Kanker Terbesar

Penyebab kanker terbesar adalah karena adanya perubahan atau mutasi genetik pada sel, sehingga membuat sel menjadi abnormal. Mutasi genetik ini pada akhirnya menyebabkan sel yang ada menjadi abnormal dan tumbuh secara tak terkendali. Meski sebenarnya tubuh manusia memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel abnormal tersebut, namun, bisa jadi mekanisme tersebut mengalami kegagalan dalam menjalankan tugasnya. Hal inilah yang menyebabkan sel abnormal pun akan tetap dan terus tumbuh secara tidak terkendali.

Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa sekitar 1/3 kematian akibat kanker sering kali diakibatkan oleh faktor gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Faktor Risiko Penyakit Kanker

Tanpa mengabaikan penyebab kanker terbesar, aktor yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh bermacam-macama. Semua itu tergantung pada  jenis kanker yang dialami. Meski demikian, tidak ada jenis kanker yang hanya dipicu oleh satu faktor saja.

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang diduga dapat menyebabkan terjadinya perubahan atau mutasi genetik pada sel normal serta menyebabkan tubuh gagal dalam memperbaiki masalah tersebut.

  • Faktor usia, dimana orang berusia lebih dari 65 tahun memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker.
  • Gaya hidup, seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.
  • Berat badan berlebih (obesitas).
  • Terinfeksi virus (hepatitis B, hepatitis C, atau HPV).
  • Jarang olahraga atau melakukan aktivitas fisik.
  • Sering terpapar hormon dalam kadar tinggi.
  • memiliki riwayat penyakit kanker dalam.
  • Sering terpapar sinar radiasi atau zat kimia yang tidak baik untuk tubuh.
  • Memiliki riwayat penyakit yang menyebabkan peradangan kronis, seperti kolitis ulseratif.
  • Menurunnya daya tahan tubuh, layaknya pengidap HIV/AIDS.

Gejala Penyakit Kanker

Penyakit kanker juga dapat menimbulkan gejala yang beragam, semua itu tergantung dari jenis kanker dan organ tubuh mana yang terdampak. Berikut ini adalah macam-macam gejala yang paling sering dialami oleh penderita kanker, di antaranya adalah:

  • Muncul benjolandi bagian tubuh yang terkena kanker.
  • Terasa nyeri di dalam satu bagian tubuh.
  • Badan terasa lemas, pucat, dan mudah lelah.
  • Terjadinya penurunan berat badan secara drastis.
  • Demam yang berulang secara terus-menerus.
  • Tubuh mengalami memar.
  • Mengalami pendarahan secara spontan.
  • Gangguan buang air kecil atau buang air besar.

Cara Mencegah Penyakit Kanker

Setelah mengetahui penyebab kanker terbesar, berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit kanker :

1. Tidak mengonsumsi tembakau

Pada dasarnya, semua jenis tembakau dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Selain perokok aktif, sebaiknya Anda juga hindari diri Anda dari lingkungan asap rokok. Pasalnya, meski tidak merokok, perokok pasif yang mana sering menghirup asap rokok pun bisa meninggal akibat kanker paru-paru.

2. Konsumsi makanan sehat

Sebenarnya, makanan sehat tidak menjamin Anda tidak akan terkena kanker. Akan tetapi, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi risiko Anda dari serangan penyakit mematikan tersebut. Bahkan, diketahui bahwa mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dapat membantu mengurangi risiko kanker hingga 30 persen, termasuk obesitas.

3. Olahraga teratur dan jaga berat badan ideal

Olahraga teratur untuk menjaga berat badan agar tetap ideal pun sudah cukup membantu diri Anda agar terhindar dari kanker. Pasalnya, aktivitas fisik dapat membantu Anda terhindar dari obesitas dengan mengendalikan berat badan Anda. Sebab, obesitas atau kegemukanmerupakan salah satu faktor risiko kanker yang harus dihindari. Olahraga atau aktif berkegiatan fisik juga secara spesifik dapat membantu Anda terhindar dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker usus.

4. Lindungi diri dari sinar matahari

Salah satu jenis kanker yang paling mudah dicegah adalah kanker kulit. Meski paparan sinar-X yang berulang-ulang atau atau terkena bahan kimia tertentu dapat memicu kanker, namun sejauh ini sinar matahari merupakan penyebab kanker kulit paling umum. Oleh karena itu, gunakanlah sunscreen atau sunblock sebelum memulai aktivitas di luar ruangan.

Hampir semua jenis kanker kulit dapat disembuhkan jika Anda dapat mendeteksinya secara dini, namun akan lebih baik jika Anda mencegah daripada mengobati.

Selain pencegahan di atas, penting juga bagi Anda semua untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan secara berkala. Hal ini dilakukan agar apabila ada penyakit tertentu yang menyerang tubuh, dapat segera diatasi sebelum menjadi lebih parah.

5. Konsumsi Ling Shen Yao

Selain menerapkan berbagai upaya pencegahan kanker, Anda juga dapat mengimbanginya dengan mengonsumsi obat herbal yang berkhasiat mencegah dan mengobati kanker. Dalam hal ini, Ling Shen Yao menjadi salah satu obat herbal pencegah dan pengobat kanker yang khasiatnya sudah tidak diragukan lagi. Terbuat dari 100% ekstrak herbal alami, menjadikan Ling Shen Yao aman untuk dikonsumsi penderita kanker sebagai obat pendamping dalam pengobatan kanker. Selain itu, Ling Shen Yao juga aman dikonsumsi karena sudah terdaftar di BPOM dan mendapat sertifikat halal MUI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *