Ling Shen Yao

Penyebab Haid Tidak Teratur yang Harus Anda Ketahui

Semua wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda, misal 28 hari sekali atau 35 hari sekali. Siklus pendek atau siklus panjang menstruasi merupakan hal lumrah yang dialami wanita. Proses luruh dinding rahim yang disertai pendarahan ideal sekitar 3-7 hari. Namun, ada pula wanita yang mengalami masa menstruasi lebih dari satu minggu. Anda hanya perlu waspada saat siklus menstruasi berubah atau tidak sama sekali. Sebaiknya ketahui penyebab haid tidak teratur agar bisa mencari solusi penanganan terbaik.

6 penyebab haid tidak teratur pada wanita

Buat Anda yang merasa gelisah karena haid tidak teratur setiap bulan, sebaiknya memang melakukan pemeriksaan. Jika haid tidak teratur pada remaja wanita yang mendapatkan menstruasi pertama, hal tersebut wajar saja. Wanita perlu melakukan pemeriksaan jika periode dan volume darah mestruasi berubah-ubah setiap bulan. Berikut penyebab haid tidak teratur yaitu :

1. Menopause

Saat wanita memasuki periode menopause seiring perkembangan usia yang menua atau faktor lain, maka haid menjadi kurang lancar. Hal ini dipengaruhi oleh kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh mengalami perubahan.

2. Kehamilan

Anda mengalami masa menstruasi yang terlambat atau tidak lancar karena mengalami kehamilan. Sebaiknya lakukan tes mandiri di rumah dengan alat tes kehamilan sederhana yang bisa Anda jumpai di toko atau apotek terdekat.

3. Penggunaan alat kontrasepsi

Penyebab haid tidak teratur karena penggunaan alat kontrasepsi baik IUD, pil KB, suntik KB, dan implant memang bukan hal yang asing. Setiap penggunaan alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya kontrasepsi IUD membuat darah yang keluar lebih banyak, sedangkan suntik KB acap membuat hormon tubuh tidak seimbang sehingga Anda mengalami haid tidak teratur atau berhenti dalam beberapa bulan.

4. Pola hidup

Penyebab haid tidak teratur bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik. Kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, penurunan atau peningkatan berat badan drastis,  kurang tidur, dan lain-lain bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Tak hanya berdampak pada kesehatan fisik secara menyeluruh, pola hidup yang tidak teratur bisa membuat perubahan siklus menstruasi Anda.

Tekanan dan stress yang tidak bisa terkelola dengan baik bisa menjadi penyebab haid tidak teratur. Sebaiknya Anda tahu cara mengelola stress dengan baik agar kesehatan mental dan fisik tetap baik. Setidaknya masa menstruasi Anda tidak terganggu karena pengelolaan stress yang optimal.

5. PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi hormon laki-laki atau testosteron melebihi batas normal pada wanita. Padahal wanita hanya memiliki kadar hormon testosteron dalam jumlah yang sedikit atau kebalikan dari kaum Adam. Jika wanita mengalami sindrom ini, kemungkinan haid tidak teratur atau volume darah sedikit acap terjadi. Wanita yang mengalami kondisi PCOS juga lebih sulit hamil dibandingkan wanita dengan kadar hormon yang normal.

6. Gangguan tiroid

Kalenjar tiroid merupakan tempat memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh dengan baik. Kalenjar tiroid berada di bagian leher yang bisa menyebabkan maslaah saat mengalami gangguan, misalnya haid tidak lancar, jerawat dan masalah lain. Konsultasikan dengan dokter endokrin untuk mengetahui kondisi kalenjar tiroid Anda, ya!

Cara mengatasi menstruasi tidak lancar secara alami

Anda tidak perlu terlalu cemas jika mengalami kondisi haid tidak lancar karena beberapa penyebab di atas. Penyebab haid tidak teratur yang langsung diketahui bisa memudahkan Anda dalam melakukan penanganan. Solusi mengatasi haid tidak teratur yang bisa Anda terapkan antara lain mengubah gaya hidup lebih sehat, memilih alat kontrasepsi yang cocok, melakukan pengobatan tiroid dan PCOS serta melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental pada dokter terkait.

Melakukan penanganan masalah sesuai dengan penyebab haid tidak teratur bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Setidaknya masa haid yang normal dan lancar sangat membantu Anda dalam melakukan program momongan. Dengan mengetahui masa subur, Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk berhubungan intim.

Tidak hanya cara mengatasi haid tidak teratur, Anda juga harus waspada apabila menstruasi terjadi lebih lama dalam jumlah banyak. Pemeriksaan medis bisa Anda lakukan untuk mengetahui penyebab dan solusi yang tepat. Anda juga bisa mengatasi penyebab haid tidak teratur dengan pengobatan herbal yang terpercaya.

Pilih pengobatan herbal Ling Shen Yao yang telah terbukti berkualitas dengan jaminan produk legal. Komposisi yang digunakan dalam produk Ling Shen Yao berasal dari 100 persen bahan alami. Tidak menimbulkan efek samping dan aman dikonsumsi oleh siapa saja. Ling Shen Yao bisa mengatasi berbagai masalah kewanitaan seperti keputihan, bau tidak sedap, melancarkan haid tidak teratur, dan membantu mengatasi gangguan kehamilan.

Anda yang telah lama merasakan gangguan haid tidak teratur, wajib mengkonsumsi obat herbal yang telah terdaftar BPOM RI ini. Ling Shen Yao juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menghancurkan sel kanker, meredakan efek samping kemoterapi atau radiasi, dan masih banyak manfaat lain.

Kini Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan tubuh sebab Ling Shen Yao bisa menjadi obat herbal ampuh tanpa operasi. Yuk, dapatkan produk berlisensi resmi di toko online terpercaya!

Baca Juga : Cara mencegah Endometriosis Setelah Menopause

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *