Kista endometriosis terjadi karena ada pertumbuhan endometrium secara abnormal di ovarium. Pengobatan Kista Tanpa Operasi merupakan salah satu cara mengatasinya.

Lingshenyao.id – Endometrium adalah salah satu lapisan dari rahim yang terbentuk saat wanita memasuki masa subur. Pada lapisan ini, janin akan menempel sebelum akhirnya membesar dan dilahirkan. Pada jaringan ini juga, pertumbuhan sel abnormal terjadi dan kondisi endometriosis yang berbahaya muncul.

Endometriosis tumbuh di dalam rahim atau menyebar ke beberapa organ di sekelilingnya. Kalau organ yang terkena cabang dari endometriosis adalah ovarium, gelembung berisi cairan akan muncul dan secara medis disebut kista endometrium.

Mengenal Kista Endometriosis

  • Tanda-Tanda Kista Endometrium

Salah satu tanda kista endometrium yang umum terjadi pada wanita adalah rasa sakit di area pelvis atau perut bawah. Rasa sakit ini tidak mudah hilang dan sering kembali dengan intensitas yang berbeda-beda. Saat wanita mengalami menstruasi, rasa sakit akan bertambah besar dan diikuti dengan perdarahan yang masif.

Beberapa wanita juga mengelami tekanan kuat di bawah perutnya baik sebelah kiri atau kanan. Tekanan ini membuat aktivitas seks berjalan menyakitkan sehingga wanita kerap mengalami penurunan libido.

  • Cara Mendiagnosis Kista Endometrium

Ada tiga cara yang dilakukan dokter untuk mendiagnosis ada atau tidaknya kista endometrium di dalam tubuh. Cara pertama adalah mewawancarai pasien terkait rasa sakit dan frekuensi munculnya. Selanjutnya dokter akan menekan perut bagian bawah untuk mengetahui ada atau tidaknya benjolan abnormal.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan MRI atau magnetic resonance imaging; dokter akan melihat detail gambar ovarium untuk melakukan diagnosis. Cara ketiga dilakukan dengan laparoskopi; dokter akan melakukan sayatan kecil di dekat pusat dan memasukkan kamera untuk melakukan diagnosis.

  • Bahaya Kista Endometrium untuk Tubuh

Kode ICD 10 Kista Endometriosis adalah N80.1. Penyakit ini memiliki efek cukup banyak pada wanita karena bisa menyebabkan:

  1. Meningkatkan risiko terkena kanker ovarium.
  2. Susah mendapatkan kehamilan.
  3. Menyebabkan rasa sakit pada pelvis atau perut bagian bawah.
  4. Perdarahan di luar siklus menstruasi.
  5. Menyetop ovarium untuk bekerja.

Penanganan kista endometrium terdiri dari dua opsi. Namun, dokter cenderung meminta wanita menunggu selama 8 minggu untuk melihat apakah kistanya mengecil atau tidak. Jika kista tidak mengecil, metode penanganan di bawah ini bisa dilakukan.

  1. Wanita akan disarankan menggunakan obat jenis GNRH agonists yang akan menekan estrogen dan mengecilkan kista. Obat ini berisiko mengakibatkan kondisi menopause dan osteoporosis.
  2. Metode ini dilakukan untuk membuang kista yang membesar. Kalau wanita sudah tidak menginginkan kehamilan,dokter akan melakukan pembedahan hiserektomi dan memotong ovarium.

Pengobatan Kista Tanpa Operasi dengan Ling Shen Yao

Pengobatan Kista Tanpa Operasi Ling Shen Yao

Selain dengan dua metode di atas, wanita bisa mencoba menggunakan pengobatan kista tanpa operasi dengan obat herbal Ling Shen Yao. Obat yang terbuat dari ekstrak bahan-bahan alami ini membantu mengecilkan sel abnormal di dalam tubuh. Obat ini bisa dikonsumsi secara rutin karena minim efek samping dan sudah terdaftar di BPOM.

Semoga ulasan di atas bermanfaat!.

Obat Endometriosis Alami Shopee

Obat Endometriosis Alami Tokopedia

Konsultasi di Whatsapp

Baca Juga :