Penanganan endometriosis difokuskan pada penanganan rasa sakit, pengecilan sel abnormal, dan pengangkatan. Ini 5 metode yang dapat dilakukan untuk atasi Endometriosis.

Lingshenyao.id – Endometriosis yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan gangguan pada tubuh wanita. Saat menstruasi, wanita mengalami kram yang intens dan perdarahan yang terjadi jauh lebih banyak. Efek lanjutan dari kondisi ini adalah fisik yang lemah karena mengalami anemia.

Terlepas dari keinginan hamil atau tidak, endometriosis harus segera disembuhkan agar tidak mengganggu aktivitas harian hingga berisiko sebabkan perdarahan yang lebih serius. Berikut beberapa metode penanganan endometriosis terbaik yang bisa diterapkan.

  1. Pemberian Obat Pereda Nyeri

Endometriosis menyebabkan rasa sakit yang cukup intens pada wanita khususnya saat mendekati siklus menstruasi. Endometrium yang tumbuh abnormal menyebabkan perdarahan cukup hebat saat luruh sehingga wanita butuh pereda nyeri agar tidak lemas dan pingsan. Obat nyeri yang bisa dipakai berjenis NSAID seperti ibuprofen.

  1. Terapi Hormon

Beberapa terapi hormon terbukti bisa mengatasi rasa sakit saat menstruasi dan mengecilkan endometriosis. Sayangnya, metode ini kerap memberikan efek samping cukup besar pada wanita.

Pasien yang menjalani terapi hormon entah dengan pil KB atau Gonadotropin-Releasing Hormone (Gn-RH) berpotensi sulit hamil. Tubuh akan mengalami kondisi mirip menopause sehingga menstruasi tidak akan terjadi.

  1. Pembedahan Konservatif

Pembedahan konservatif ini dilakukan untuk melindungi rahim dan ovarium agar kemungkinan kehamilan meningkat. Wanita dengan kondisi endometriosis yang cukup parah biasanya akan menerima operasi laparoskopi dengan memasukkan instrumen di dekat pusat untuk mengambil beberapa bagian endometriosis yang mengganggu.

  1. Hiserektomi

Hiserektomi dilakukan sebagai jalan terakhir karena tidak ada metode penanganan yang bisa membantu wanita. Metode ini dilakukan dengan pembedahan besar dan mengambil sebagian atau semua rahim. Pada beberapa kasus, ovarium dan tuba falopi juga ikut diambil sehingga wanita tidak bisa mendapatkan kehamilan.

Hiserektomi juga memiliki risiko lain untuk kesehatan wanita meliputi gangguan pada jantung, pembuluh darah, dan gangguan metabolisme.

  1. Obat Herbal Untuk Kista Endometriosis

Beberapa wanita yang tidak mau melakukan operasi dan ingin mendapatkan pengobatan alternatif, bisa memilih Ling Shen Yao. Obat herbal ini sudah teruji secara praklinis mampu membantu mengecilkan jaringan abnormal seperti kanker.

Penanganan Endometriosis dengan Obat Herbal Ling Shen Yao

Penanganan Endometriosis dengan Ling Shen Yao

Selain itu, obat herbal yang sudah terdaftar di BPOM ini juga minim efek samping dan bisa dikombinasikan dengan obat lain asal diminum dengan jeda 2 jam. Terakhir, Ling Shen Yao bisa dimaksimalkan dengan olahraga dan mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan juga sayuran.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa memberikan tambahan informasi terkait penanganan penyakit yang memiliki kode ICD 10 endometriosis, N80.

Obat Endometriosis Alami Shopee

Obat Endometriosis Alami Tokopedia

Konsultasi di Whatsapp

Baca Juga :