Karena itu, begitu dokter menyatakan bahwa dia positif memiliki tumor payudara, Raya mengalami stres. Dokter bahkan memvonis bahwa umurnya tidak akan panjang melihat ciri ciri kanker payudara yang mudah dikenali yaitu pertumbuhan sel-sel abnormal di payudara kirinya. Hampir seluruh dokter ahli di berbagai rumah sakit terbaik di Jakarta menyarankannya untuk melakukan operasi.

Penyebab & Gejala Tumor Payudara

Penyebab pasti tumor payudara belum bisa dipastikan secara spesifik. Meski demikian, cara mengenali gejala kanker payudara adalah ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh gaya hidup kurang sehat & memengaruhi pertumbuhan sel-sel abnormal ini. Mulai dari pola dan asupan nutrisi makanan penyebab kanker payudara, aktivitas fisik, penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya yang tidak disadari, hingga tingkat stres, bisa menyebabkan munculnya benjolan di payudara.

Adapun gejala yang ditimbulkan oleh keberadaan tumor di payudara yang paling utama adalah munculnya benjolan kanker payudara seperti apa yang terjadi pada Raya. Benjolan kanker payudara letaknya dimana pun bisa muncul dan yang terasa saat disentuh serta tidak berpindah posisi (bukan kelenjar).  Kemunculan benjolan ini juga disertai nyeri yang tidak kunjung hilang, bukan ‘musiman’ seperti pada saat PMS.

Hal itu pula yang dirasakan oleh Raya pada payudara sebelah kirinya. Sebenarnya dia sudah merasakan adanya gejala tersebut sejak awal 2001. Namun, lantaran rasa sakit yang ditimbulkan terus menerus alias datang dan pergi, dia mengira bahwa kondisi tersebut hanya sekadar kelainan otot atau spasme.

Rasa Nyeri Semakin Hebat & Menjalar

obat oles untuk benjolan di payudara

Ling Shen Yao Tablet

Sayangnya, lambat laun, frekuensi kemunculan rasa nyeri tersebut semakin tinggi. Hingga pada awal Juni 2001, Raya yang saat itu tengah menemani tidur salah seorang anaknya menyadari keberadaan benjolan tersebut. Saat itu, dia sedang terlentang dengan tangan kiri di angkat ke atas, sementara tangan kanannya meraba bagian payudara yang sering berdenyut dan sakit. Di situlah dia kemudian merasakan ada benjolan di bagian bawah payudaranya yang kira-kira seukuran jempol kaki.

Baca Selanjutnya