• Gejala Kista Mioma

Meski menjangkiti area yang sama, kista dan miom adalah dua penyakit yang berbeda. Baik dalam hal bentuk, letak, penyebab, hingga gejala miom dan kista. Kista adalah tumor yang berbentuk kantung cairan dan berkembang di area indung telur atau ovarium. Sedangkan miom adalah sel-sel tumor yang tumbuh pada otot-otot dinding rahim.

Untuk gejala, tanda-tanda miom yang paling sering dialami di antaranya seperti nyeri dan kram perut berlebih saat menstruasi serta terjadinya pendarahan pada vagina. Gejala awal miom ini juga terjadi pada kista, hanya saja juga dibarengi dengan gejala lain seperti perut kembung, mual, nyeri payudara, dan nyeri saat berhubungan intim. Jika Anda mengalaminya, ada baiknya untuk segera deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Umumnya, kista mioma ini akan tampak ketika dilakukan pemeriksaan menggunakan Ultrasonography (USG).

Deteksi Dini Penyakit Kista & Miom

Dengan mendeteksi sejak dini, langkah pencegahan dan penyembuhan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. Hal ini penting, mengingat umumnya para penderita cenderung abai pada gejala awal miom dan baru memeriksakan diri setelah berada di stadium lanjut atau ketika penyakit ini telah berkembang dengan cepat.

  • Perjuangan Melawan Penyakit Kista Mioma
obat kista ovarium di apotik

Ling Shen Yao Tablet

Seperti yang pernah dialami Eji, perempuan yang sejak di bangku SMA telah merasakan gejala kista ovarium. Di setiap masa menstruasi, dia akan merasakan sakit di bagian perut bawah, mual dan muntah, berkurangnya nafsu makan, serta sakit kepala yang akhirnya membuat kondisi tubuhnya lemas dan sempoyongan. Ujung-ujungnya, hampir di setiap bulan dia akan selalu berakhir dirawat di rumah sakit karena kondisi ini. Bahkan, saking seringnya, pihak sekolah dan guru juga tahu perihal kondisinya yang di setiap datang bulan nyaris pingsan dan harus dirawat.

Awalnya, Eji dan keluarga menganggap bahwa hal tersebut lumrah dialami wanita di masa datang bulan. Namun, karena gejala tersebut semakin parah dan membuat kondisi fisik Eji semakin lemah, pihak keluarga membawanya ke dokter kandungan. Tak hanya itu, sang ibu bahkan juga memeriksakan dirinya ke dokter spesialis penyakit dalam dan spesialis kanker.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, ketiga dokter mengatakan hal yang sama, yakni Eji menderita kista ovarium & miom sekaligus. Yang lebih membuat sedih dan panik, dokter juga memvonis penyakitnya telah kronis dan harus segera dilakukan operasi kista ovarium & mioma. Tak pelak, hal tersebut membuat sang ibunda sedih dan menangis meratapi penderitaan putri sulungnya.

Selanjutnya