Ling Shen Yao

Ketahui Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Pernahkah Anda merasakan munculnya benjolan di ketiak? Kokndisi ini sering kali di alami oleh wanita, terutama saat datang bulan atau saat sakit. Meski demikian, tak banyak munculnya benjolan tersebut membuat wanita panik akan adanya tumor atau kanker payudara. Lantas, apakah benjolan di area tersebut selalu berbahaya?

Sebenarnya, benjolan yang muncul di ketiak ini dapat dialami oleh pria maupun wanita. Namun, biasanya halini merupakan situasi yang bisa dianggap normal dan dapat mereda ketika kondisi kesehatan penderitanya membaik.

Penyebab Benjolan di Ketiak

Penyebab munculnya benjolan di ketiak bermacam-maca, di antaranya adalah infeksi akibat bakteri, kista, lipoma, iritasi, abses, alergi, hingga akibat penggunaan deodoran yang tidak cocok dan alat cukur yang salah. Selain itu, kondisi ini juga dpaat terjadi akibat skin tag., yakni sejenis kulit pada permukaan kulit yang sering mengalami gesekan dengan kulit di sekitarnya. Jika munculnya benjolan akibat kondisi tersebut, maka tidak akan membahayakan dan juga tidak memerlukan penanganan khusus.

Meski dalam kebanyakan kasus benjolan di area ketiak tidak berbahaya, namun benjolan tersebut juga bisa menjadi tanda adanya penyakit yang serius, seperti ketika benjolan tersebut tidak terasa sakit namuntidak kunjung mengecil. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda perlu berhati-hati, sebab ada berbagai macam penyebab benjolan di ketiak yang menjadi pertanda adanya gangguan serius, di antaranya seperti :

  • Infeksi virus.
  • Efek samping vaksinasi.
  • Adanya pertumbuhan abnormal pada jaringan fibrosa (fibroadenoma), namun tidak bersifat ganas atau kanker.
  • Leukimia, yakni salah satu jenis kanker darah pada sumsum tulang.
  • Limfoma, yakni kanker sistem kelenjar getah bening.
  • Kanker payudara.

Berdasarkan pemaparan di atas, ada baiknya jika Anda segera melakukan pemeriksaan benjolan tersebut jika terjadi perubahan-perubahan serta gejala-gejala tertentu yang dirasakan.

Dalam pemeriksaan benjolan tersebut, biasanya dokter akan menanyai perubahan serta gejala yang dirasakan. Selain itu, dokter juga akan bertanya apakah Anda menyusui atau tidak. Setelah itu, dokter akan memeriksanya dengan menekan atau memijat benjolan yang tumbuh secara lembut.

Sementara itu, berikut ini adalah tindakan pemeriksaan lebih lanjur yang biasanya direkomendasikan oleh dokter :

  • Tes alergi.
  • Cek darah lengkap, yang mana bertujuan untuk memeriksa kadar sel darah merah dan putih pada sistem tubuh.
  • Mammografi, yang mana bertujuan untuk melihat benjolan dengan lebih dalam.
  • Biopsi, yakni pengambilan sampel jaringan tubuh benjolan untuk kemudian di periksa di laboratorium.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi benjolan yang tumbuh di ketiak, tentunya  akan tergantung dari faktor penyebabnya. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa benjolan di area tersebut biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus. Jika benjolan terasa nyeri, cukup kompres dengan air hangat atau konsumsi obat pereda nyeri untuk menghilangkan ketidaknyamanan tersebut.

Namun perlu Anda ingat, bahwa penanganan tersebut hanya dapat diterapkan jika benjolan di sebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya, seperti infeksi virus, kista, lipoma, dan fibroadenoma atau tumor jinak di payudara. Sedangkan, benjolan yang disebabkan karena lipoma biasanya akan tetap ada, tetapi jangan khawatir sebab itu tidak berbahaya. Sementara itu, jika benjolan tersebut disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat mengecil dengan sendirinya.

Selain itu, apabila benjolan disebabkan karena infeksi bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Sedangkan, benjolan yang disebabkan karena alergi dapat diatasi dengan obat anti alergi. Namun, jangan lupa untuk menghindari penggunaan benda-benda yang dapat memicu terjadinya alergi di bagian ketiak, seperti deodoran atau alat cukur

Namun, apabila setelah diperiksa ternyata benjolan di ketiak diidentifikasi sebagai kanker,  maka perlu diatasi dengan tindakan operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi.

Oleh sebab itu, Anda harus senantiasa waspda apabila mendapatkan munculnya benjolan. Segera memeriksakan diri secepat mungkin apabila Anda tidak mengetahui penyebab munculnya benjolan tersebut. Selain itu,periksakan diri Anda apabila merasakan adanya keanehan pada tubuh Anda, untuk mendapat diagnosis dengan cepat dan pengobatan benjolan di ketiak. Akan lebih baik jika Anda secara rutin memeriksa kesehatan tubuh secara keseluruhan secara berkala, guba mengantisipasi munculnya penyakit berbahaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *