Ling Shen Yao

Kenali Ciri-Ciri Tumor Ganas

Tumor adalah benjolan yang dapat tumbuh di bagian tubuh manapun akibat sel yang memperbanyak diri secara berlebihan. Sel tersebut yang seharusnya mati masih terus bertahan hudup, sedangkan pembentukan sel baru pun terus terjadi. Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa tumor dibagi menjadi dua jenis, yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Oleh sebab itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri tumor ganas dan jinak tersebut.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa tumor dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun. Di antaranya pada kulit, tulang, rahang, dan organ-organ dalam tubuh. Tumor dikatakan jinak apabila Ia tidak menyerang sel normal yang ada di sekitarnya dan tidak menyebar ke jaringan mau pun bagian tubuh lain. Sementara itu, tumor ganas adalah kebalikan dari tumor jinak, kondisi ini juga disebut dengan kanker.

Penyebab dan Faktor Risiko Tumor

Secara umum, tumor terbentuk akibat adanya ketidakseimbangan antara jumlah sel baru dengan jumlah sel lama yag sudah mati. Kondisi ini umumnya terjadi ketika sel abru terbentuk secara berlebihan dan tidak terkendali atau sel lama yang seharusnya mati masih tetap hidup meski tidak memiliki fungsi lagi.

Kondisi tersebut dapat berbeda-beda pada tiap jenis tumor, akan tetapi penyebab pastinya masih belum diketahui dengan jelas. Meski demikian, beberapa kondisi di bawah ini diduga erat kaitannya dengan pertumbuhan tumor pada tubuh, yaitu :

Pola makan yang buruk, apalagi ketika terlalu sering dan banyak mengonsumsi makanan berlemak.

  • Sering terkena paparan sinar matahari langsung.
  • Merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan.
  • Adanya infeksi virus atau bakteri, seperti HPV, H. pylori, dan virus hepatitis.
  • Kelebihan berat badan (obesitas).
  • Paparan radiasi akibat tindakan medis, seperti CT scan atau foto Rontgen.
  • Paparan bahan kimia, seperti arsen atau asbes.
  • Penggunaan obat-obatan imunosupresif, yang umumnya dilakukan setelah tindakan transplantasi organ.

Ciri-Ciri Tumor Jinak dan Ganas

Untuk mengetahui tumo yang tumbuh adalah jinak atau ganas, tentunya tidak bisa dilakukan dengan mata talanjang, kecuali apabila tumor muncul di permukaan kulit. Seperti halnya yang terjadi pada kasus tumor payudara.

Ciri-ciri tumor jinak payudara :

  • Benjolan tumor memiliki permukaan yang mulus dan batasan yang jelas dengan jaringan lainnya.
  • Benjolan dapat bergerak atau berpindah ketika ditekan dengan jari.
  • Sering kali muncul di kedua payudara.
  • Tumor payudara jinak dapat terasa sakit ketika diraba.
  • Ciri-Ciri tumor ganas payudara :
  • Benjolan tumor keras dan tidak memiliki batasan yang jelas dengan jaringan di sekitarnya, sehingga seolah-olah menyatu.
  • Benjolan tidak dapat bergerak atau berpindah tempat ketika disentuh dengan jari.
  • Menyebabkan iritasi kulit pada payudara.
  • Menyebabkan kemerahan dan rasa sakit pada puting payudara.
  • Bentuk puting bisa melesak ke dalam.
  • Tumor ganas di payudara umumnya tidak menimbulkan rasa sakit ketika disentuh.

Tanpa mengabaikan ciri-ciri tumor ganas, baik tumor jinak dan tumor ganas di payudara sama-sama dapat menyebabkan munculnya cairan yang bukan ASI dari payudara. Untuk membedakannya, apabila cairan yang keluar berwarna kuning atau kehijauan, maka ini bisa jadi merupakan gejala tumor jinak. Sedangkan, jika cairan berwarna bening atau kecokelatan, maka bisa jadi konsisi tersebut menandakan tumor ganas atau kanker.

Selain itu, perlu diingat jika Anda menemukan adanya perubahan bentuk pada payudara, maka segera lakukan pemeriksaan medis. Hal ini bertujuan untuk memastikan jenis tumor, penyebab, serta penanganan yang diperlukan.

Cara Mendeteksi Tumor Jinak dan Ganas

Dalam mendeteksi apakah ciri-ciri tumor jinak atau ganas biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan meliputi penelusuran gejala melalui sesi wawancara pada saat konsultasi, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang, yang meliputi :

  • Tes urine atau tes datah

Pemeriksaan yang satu ini dilakukan untuk mengindentifikasi kondisi yang tidak normal. Dalam hal ini, dapat dilakukan pemeriksaan darah lengkap untuk meligat jumlah dan jenis sel darah yang mengalami gangguan pada penderita kanker darah.

  • Pemeriksaan radiologi

Pemeriksaan radiologi disini meliputi USG, CT scan, MRI, atau PET scan, yang bertujuan untuk melihat lokasi, ukuran, dan penyebaran tumor dalam tubuh.

  • Biopsi

Biopsi merupakan pengambilan sampel jaringan tumor yang kemudian akan diperiksa di laboratorium. Dari pemeriksaan ini, dokter dapat mengetahui jenis tumor dan apakah tumor tersebut bersifat jinak atau ganas.

Setelah mengetahui letak, jenis, ukuran, dan sifat tumor, barulah dapat ditentukan penanganan apa yang tepat untuk kondisi tersebut.

Tumor pada dasarnya merupakan salah satu penyakit yang ditakuti, terutama tumor ganas. Sebab, selain sulit diatasi tumor ganas juga memerlukan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Maka dari itu, Ling Shen Yao hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Ling Shen Yao merupakan obat herbal yang dapat membantu mengatasi kista, miom, tumor, hingga kanker. Obat herbal yang satu ini juga dapat digunakan sebagai pendamping pengobatan tumor ganas lainnya, seperti kemoterapi dan radio terapi. Dalam hal ini, Ling Shen Yao dapat membantu menekan efek samping akibat kemoterapi.

Ling Shen Yao juga dikenal sangat ampuh dalam menekan dan membunuh sel kanker dalam tubuh. Bahkan obat ini juga hampir tidak menimbulkan efek samping. Untuk keamanannya sendiri, Anda tidak perlu khawatir sebab Ling Shen Yao sudah mendapatkan izin edar resmi BPOM dan sertifikat halal dari MUI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *