Jenis kanker payudara terdiri dari beberapa jenis berdasarkan tipe penyebarannya dan tingkat stadiumnya.Berikut penjelasan diserta cara tepat mengatasinya.

Lingshenyao.id – Merasa ada benjolan tak wajar di area payudara? Hati-hati, bisa jadi itu kanker. Penyakit yang menyerang jaringan payudara ini diakibatkan oleh pertumbuhan sel abnormal dan sangat berbahaya jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat.

Data yang dihimpun WHO menyebutkan bahwa kanker payudara merupakan salah satu penyebab tertinggi kematian wanita di seluruh dunia. Belum diketahui secara jelas faktor pemicu tumor ganas jenis ini. Namun, gaya hidup tak sehat dan usia adalah beberapa di antaranya.

Tipe dan Jenis Kanker Payudara

Untuk menentukan jenis kanker yang diderita pasien, dokter spesialis kanker (onkologi) biasanya akan melakukan pemeriksaan mammogram. Secara umum, jenis kanker payudara dibagi menjadi:

  • Ductal carcinoma in situ

Kanker ini baru terjadi pada kantung payudara, yang menghubungkan kelenjar susu dengan puting payudara. Dalam dunia medis, kanker ini termasuk tipe invasive.

  • Invasive ductal carcinoma

Kebalikannya, kanker tipe berikutnya terjadi ketika tumor sudah menyebar ke area luar kantung payudara dan jaringan sekitarnya. Pada beberapa kasus, kanker invasive ini menyebar ke organ tubuh lain seperti kelenjar limfa lewat peredaran darah. Hampir 80% kasus kanker payudara adalah tipe ini.

  • Lobular carcinoma in situ

Kanker tipe selanjutnya ditandai dengan tumbuhnya tumor di area lobulus, tetapi tidak menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

  • Invasive lobular carcinoma

Kebalikan dari Lobular carcinoma, kanker payudara tipe ini tumbuh di area lobulus dan berpotensi menyebar ke jaringan tubuh sekitarnya. Setidaknya 10% dari kasus kanker payudara adalah tipe ini.

Selain kanker di atas, ada beberapa tipe kanker lain yang cukup jarang terjadi, antara lain:

  • Angiosarcoma

Merupakan kanker yang muncul di pembuluh darah dan saluran kelenjar getah bening dekat payudara.

  • Paget

Merupakan jenis kanker yang tumbuh tepat di puting payudara, dan biasanya meluas ke area hitam di sekitarnya (areola).

  • Tumor Phyllodes

Tumor ini muncul di bagian stroma atau jaringan ikat payudara.

  • Inflammatory Breast Cancer

Ini adalah jenis kanker yang sangat jarang terjadi. Pasien kanker ini akan mengalami penyumbatan pada saluran kelenjar getah bening, sehingga payudara akan mengalami peradangan.

Pengobatan kanker payudara disesuaikan dengan tipe stadium serta jenisnya, kondisi pasien, serta karakter dan jenis kanker itu sendiri. Untuk mencegah penyakit bertambah parah, segera periksakan diri ke dokter.

Cara Mencegah Kanker Payudara dengan Ling Shen Yao

Gejala kanker payudara stadium 0

Anda juga bisa mengonsumsi obat kanker herbal seperti Ling Shen Yao untuk membantu mempercepat proses penyembuhan akibat kanker payudara. Obat ini yang sudah teruji secara praklinis ini aman dikonsumsi bersama obat-obatan dokter, atau ketika Anda menjalani terapi radiasi/kemoterapi. Imbangi juga dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur agar obat bisa bekerja maksimal, ya!.

Konsultasi di Whatsapp Order Via Shopee Order Via Tokopedia