Endometriosis adalah pertumbuhan lapisan endometrium abnormal di dalam dan luar rahim. Ada beberapa jenis endometriosis yang harus segera diobati secepatnya.

Berdasarkan data yang dilansir oleh WHO dalam ICD-10 (International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems), endometriosis diartikan sebagai kondisi tumbuhnya lapisan atau tisu yang abnormal di dalam perut. Pertumbuhan ini terjadi di dalam rahim atau sampai di luar rahim dengan sifat jinak (nonkanker).

Jenis-jenis Endometriosis

Masih dari indeks yang dikeluarkan oleh WHO ini, endometriosis dibagi lagi menjadi 7 jenis berdasarkan letak dan diagnosisnya. Berikut jenis endometriosis berdasarkan ICD-10 selengkapnya.

  1. Endometriosis Uterus

Kode ICD 10 Endometriosis untuk kategori ini adalah N80.0. Berdasarkan informasi klinis yang terkutip dari indeks ini, endometriosis uterus adalah pertambahan atau pertumbuhan lapisan dari endometrium yang menjalar sampai myometrium. Kondisi tersebut menyebabkan pembesaran rahim.

  1. Endometriosis Ovarium

Dengan kode ICD 10, N80.1 endometriosis ovarium adalah gangguan non-neoplasma yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal pada endometrium. Tisu yang tumbuh hingga ke ovarium menyebabkan kista yang berisi cairan. Cairan yang terdapat dalam gelembung kista ini biasanya berisi darah.

  1. Endometriosis Tuba Falobi

Endometriosis juga terjadi pada tuba falopi atau saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Saluran ini juga bisa terkena dampak endometriosis yang tumbuh secara abnormal dan menyebabkan gangguan pengeluaran ovum. Dalam ICD 10, kode gangguan tersebut adalah N80.2.

  1. Endometriosis Pelvic Peritoneum

Endometriosis juga bisa tumbuh secara abnormal dengan menekan bagian pelvis atau perut bagian bawah yang menyatu dengan area rambut kemaluan. Tekanan yang disebabkan oleh endometriosis bisa menyebabkan rasa sakit hebat saat menstruasi.  Dalam ICD 10, kode untuk endometriosis pelvic peritoneum adalah N80.3.

  1. Endometriosis Rectivagina Septum dan Vagina

Dengan kode ICD 10, N80.4, endometriosis rectivagina septum dan vagina terjadi ketika pertumbuhan endometrium ke arah vagina dan anus. Pertumbuhan jaringan yang mampu mencapai 2 inci ini bisa menyebabkan rasa sakit di vagina dan anus. Dampaknya, wanita akan merasakan sakit saat bercinta dan buang air besar.

  1. Endometriosis Usus

Endometriosis yang sering disebut juga sebagai endometriosis bowel ini menyebabkan gangguan pada perut. Gangguan tersebut berupa tekanan yang cukup kuat ke arah perut khususnya usus. Rasa sakit akan sering muncul di perut bagian bawah dan mengganggu pencernaan. Kode dari endometriosis ini adalah N80.5.

  1. Endometriosis Lain

Endometriosis jenis terakhir dengan kode N80.8 ini terjadi pada beberapa bagian tubuh dan susah dikelompokkan menjadi satu kategori yang spesifik. Pada kondisi tertentu, endometriosis juga bisa menekan kandung kemih, paru-paru, pusar, dan vulva.

Obat Kista Alami Ling Shen Yao Terbuat dari Tumbuhan Berkhasiat

Obat Herbal Untuk Kista Ling Shen Yao

Obat Herbal Untuk Kista Ling Shen Yao

Hampir semua endometriosis di atas bisa diatasi dengan pengobatan kimia, operasi, dan dukungan bahan-bahan herbal. Untuk pengobatan herbal, Anda bisa menggunakan Ling Shen Yao yang jelas sudah teregistrasi di BPOM; terbuat dari ekstrak bahan alami yang membantu menghambat pertumbuhan sel abnormal seperti kanker dan endometriosis. Semoga bermanfaat!

Beli Lewat Shopee Beli Lewat Tokopedia Beli Lewat Whatsapp

Baca Juga :