Ling Shen Yao

Inilah Makanan untuk Penderita Kanker Payudara

Pola makan sehat adalah hal yang harus selalu diterapkan oleh semua wanita, terutama bagi mereka yang menderita penyakit kanker payudara. Pasalnya, makanan sehat diperlukan dalam membantu proses penyembuhan selama pengobatan penyakit ganas tersebut. Selain itu, menerapkan pola makan sehat juga penting untuk membantu mencegah risiko kembalinya sel kanker. Lantas, apa saja jenis makanan untuk penderita kanker payudara dan makanan yang baik untuk mencegah penyakit tersebut? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Mengenal Penyakit Kanker Payudara

Sebelum membahas mengenai makanan untuk penderita kanker payudara, ada baiknya Anda mengentahui seperti apa itu penyakit kanker payudara.

Kanker payudara adalah suatu penyakit yang terjadi akibat terbentuknya sel kanker pada jaringan payudara. Jenis kanker ini dapat terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu atau yang dikenal dengan lobolus. Selain itu, kanker juga dapat terbentuk di saluran yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara, yakni duktus. Kanker ini juga dapat tumbuh pada jaringan lemak atau jaringan ikat yang ada di dalam payudara.

Secara umum, kanker payudaraterbentuk akibat sel-sel di dalam payudara tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Sel tersebut umumnya tumbuh membentuk tumor yang terasa seperti benjolan. Meski biasanya sitemukan pada wanita, namun nyatanya laki-laki pun dapat mengidap kanker payudara.

Gejala dan Penyebab Kanker Payudara

Perlu Anda ketahui bahwa kanker payudara sering kali sulit dideteksi pada masa awal perkembangannya, karena ukurannya yang sangat kecil. Sedangkan, benjol baru akan teraba ketika ukirannya sudah bertambah besar. Namun perlu Anda ingat bahwa tidak semua benjolan di payudara merupakan tumor ganas atau kanker. Oleh sebab itu, penting dilakukan pemeriksaan guna memastikan apakah benjolan yang tumbuh merupakan kanker atau bukan.

Sementara itu, sayangnya hingga saat ini penyebab tubuhnya sel kanker di payudara masih belum dapat diketahui dengan pasti. Meski demikian, ada sejumlah faktor yang diduga dapat membuat seseorang berisiko mengalami penyakit ganas ini. Misalnya, wanita yang mengalami menstruasi dini atau menstruasi di usia yang terlalu tua, dan memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit kanker payudara.

Makanan untuk Penderita Kanker Paudara

Makanan untuk penderita kanker payudara adalah makanan yang mengandung serat tinggi dan rendah lemak jenuh. Hal ini disebabkan karena makanan tinggi lemak jenuh disinyalir sebagai salah satu makanan yang menyebabkank kanker payudara. Sementara itu, makanan yang kaya akan kandungan serat seperti sayuran dan buah-buahan dapat membanu menurunkan risiko kanker, termasuk kanker payudara.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang dapat dijadikan menu sehari-hari untuk penderita kanker payudara :

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi penderita kanker payudara. Jenis sayuran hijau disini antara lain adalah bayam, lobak, selada, atau kale, yang makan memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Dalam hal ini, antioksidan membantu melawan efek radikal bebas di dalam tuubuh yang dapat merusak sel sehat pemicu kanker.

Bisa dikatakan bahwa umumnya buah dan sayuran yang berwarna gelap cenderung memiliki lebih banyak kandungan antioksidan dibandingkan dengan buah atau sayuran lainnya,. oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih sayuran hijau yang berwarna lebih gelap, supaya mendapatakan manfaat tersebut secara optimal.

2. Sayuran berbonggol

Selain sayuran hijau, sayuran berbonggol juga termasuk jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi penderita kanker payudara. Jenis sayuran ini antara lain adalah brokoli, sawi hijau, kembang kol, dan kubis hijau. Selain itu, sayuran berbonggol ini juga diyakini dapat mencegah pertumbuhan kanker payudara.

Kandungan yang terdapat pada sayuran ini antara lain adalah antioksidan dan glukosinolat. Glukosinolat sendiri merupakan zat dalam makanan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan DNA. Selain itu, zat ini juga dapat membantu memusnahkan sel kanker dengan menghambat pembentukan pembuluh darah tumor dan migrasi tumoe yang memicu metastasis atau penyebaran tumor.

3. Buah beri

Macam-macam buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan cranberry, mengandung senyawa antosianin, di mana senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan antitumor, termasuk tumor payudara. Oleh karena itu, buah beri sangat cocok untuk dijadikan camilan sehari-hari untuk penderita kanker payudara, dan juga dapat menjadi pencegah kanker payudara.

4. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh menjadi makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi oleh penderita kanker payudara maupun untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Hal ini disebabkan karena, biji-bijian untuh tidak  melewati banyak proses, sehingga nutrisi di dalamnya cenderung padat dan tidak terkikis.

5. Susu tanpa lemak

Sebenarnya, susu dan produk sisi termasuk salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita kanker payudara karena mengandung lemak yang tinggi. Meski demikian, kandungan vitamin D dalam susu dan produk susu sangat dibutuhkan oleh penderita kanker. Oleh sebab itu, sebagai alternatif lain dapat mengonsumsi susu tanpa lemak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *