Ling Shen Yao

Inilah 9 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Organ intim yang tidak dijaga kesehatannya dapa memicu timbulnya penyakit baik ringan maupun berat. Menjaga kesehatan reproduksi wanita merupakan hal yang susah-susah gampang. Namun tenang saja karena beberapa kebiasaan tips menjaga kesehatab reproduksi wanita di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Untuk bisa menjaga dan merawat organ reproduksi wanita, sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja bagian-bagiannya. Beberapa bagian tersebut antara lain miss V atau vagina, serviks, klitoris, tuba falopi, rahim dan indung telur. Sangat penting bagi para wanita untuk senantiasa merawat dan menjaga kesehatan organ-organ tersebut. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan reproduksi wanita yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Rajin membersihkan organ intim


Tips pertama adalah dengan membersihkan organ intim secara rutin. Pastikan untuk membersihkan vagina terutama setelah buang air. Cara membersihkan organ intim ini pun juga harus benar, yakni dengan membasuh menggunakan air dari bagian depan ke belakang.
Cara membersihkan organ intim yang salah dapat mengakibatkan kuman masuk ke area vagina dan menyebabkan terjadinya infeksi.

2. Rajin ganti celana dalam


Malas mengganti pakaian dalam menjadi salah satu penyebab terjadinya jamur dan gatal-gatal. Tips yang satu ini sebaiknya diperhatikan dengan mengganti celanan dalam minimal sehari 2 kali. Apabila anda merasakan lembap dan kotor pada area organ intim anda maka usahakan untuk segera menggantinya. Anda dapat memilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.

3. Konsumsi makanan bergizi


Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Organ intim juga memerlukan makanan yang bernutrisi agar senantiasa sehat dan terawat. Jenis makanan sehat yang bagus untuk menjaga kesehatan vagina adalah makanan yang mengandung vitamin, protein, serat, antioksidan dan juga folat.
Kandungan nutrisi tersebut dapat anda peroleh dari daging, susu, ikan, sayur, telur, kacang-kacangan, serta buah-buahan. Selain itu usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap harinya untuk meningkatkan kesuburan.

4. Melakukan hubungan seks yang aman


Aktivitas seksual yang sembarangan dapat mengakibatkan penularan penyakit seksual. Oleh karena itu wajib bagi anda untuk menerapkan prinsip berhubungan seks yang aman dan hiegenis.
Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan memperhatikan aktivitas seks ini caranya adalah menjaga kebersihan area genital baik sebelum melakukan hubungan intim maupun sesudahnya. Selain itu anda juga harus setia hanya pada satu pasangan saja, gunakan kondom atau alat kontrasepsi, dan saling terbuka pada pasangan mengenai riwayat seksual.

5. Rutin periksa ke dokter


Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita berikutnya adalah dengan rajin melakukan check up ke dokter. Tips ini sangat disarankan terutama bagi anda yang aktif secara seksual. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya penyakit yang mungkin memicu terjadinya masalah infertilitas seperti infeksi pada testis bagi laki-laki dan endometriosis bagi wanita.
Oleh sebab itu, usahakan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin baik untuk anda sendiri dan juga pasangan anda. Jenis pemeriksaan yang biasanya dilakukan untuk mengetahui masalah pada organ reproduksi ini antara lain HSG, USG, pap smear, tes darah, tes penyakit kelamin dan lain-lain.

6. Hindari alkohol dan rokok


Alkohol dan juga rokok tidak hanya memicu terjadinya masalah kesehatan kronis, namun juga mempengaruhi gangguan kesuburan baik bagi wanita maupun pria. Terlalu banyak merokok dapat mengakibatkan impotensi bagi laki-laki. Dan untuk perempuan yang merokok maupun menghisap asap rokok tidak menutup kemungkinan dapat terganggu kesehatan reproduksinya.
Oleh sebab itu, Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan menghindari alkohol serta merokok ini sangat bagus bagi anda terutama yang sedang menjalani progam kehamilan.

7. Melakukan olahraga secara teratur


Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Melakukan aktivitas dengan teratur dapat membantu mencegah obesitas, menyehatkan organ reproduksi dan juga membantu meningkatkan stamina dalam tubuh. Dengan demikian, performa seks akan menjadi lebih baik. Baik anda maupun pasangan akan memiliki potensi yang lebih tinggi untuk segera memiliki keturunan.

8. Konsumsi minyak zaitun


Minyak zaitun ternyata sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai tips menjaga kesehatan reproduksi wanita. Mengkonsumsi minyak zaitun yang dicampur dengan aneka makanan ternyata dapat membantu menghindari resiko PCOS, yakni masalah kesehatan yang mengakibatkan wanita susah mengalami kehamilan.

9. Kelola stres dan istirahat yang cukup


Mengelola stres dan beristirahat yang cukup sangat disarankan agar organ reproduksi selalu sehat. Wanita dewasa dianjurkan untuk tidur yang cukup setidaknya 7-8 jam sehari.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan reproduksi wanita yang bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Selain beberapa tips tersebut, langkah aman yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan mengkonsumsi obat herbal Ling Shen Yao.

Ling Shen Yao merupakan produk herbal yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menormalisasi metabolisme tubuh, mencegah munculnya penyakit akibat bakteri atau virus, serta membantu mengatasi gangguan kehamilan. Dengan demikian anda bisa mengkonsumsi produk herbal Ling Shen Yao ini untuk menjaga kesehatan reproduksi anda setiap saat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *