Ling Shen Yao

Ini Dia Cara Mengatasi Keputihan Alami

Keputihan adalah hal normal yang banyak terjadi pada wanita di berbagai usia. Keputihan sendiri bisa terjadi karena ada kelenjar pada vagina yang berfungsi untuk memproduksi cairan agar organ intim wanita tetap terjaga. Ini juga berhubungan dengan hormon esterogen. Normalnya, keputihan berwarna putih dan tidak baru. Tapi jika terasa gatal dan bau, tentu harus cepat diatasi. Cara mengatasi keputihan juga bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara mengatasi keputihan dengan bahan alami

Keputihan biasanya terjadi beberapa minggu sebelum wanita mengalami menstruasi. Jika keputihan Anda normal, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun apabila ingin mengatasinya, maka Anda bisa melakukan cara berikut.

1. Kunyit


Kunyit bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi keputihan karena dalam kunyit terdapat senyawa yang biasa disebut kurkumioid. Kurkumioid terdiri dari desmetoksikumin, kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin serta protein, minyak atsiri sampai karbohidrat. Dengan adanya kandungan-kandungan ini, menjadikan kunyit berkhasiat untuk mengatasi keputihan pada wanita. Tidak hanya keputihan saja, nyeri haid pun juga bisa teratasi.
Berdasarkan sejumlah penelitian, kunyit telah terbukti bisa mencegah infeksi dari bakteri, begitu juga dengan keputihan yang muncul karena bakteri.
Adapun cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan kunyit dengan 1 sendok teh bubuk kunyit sebanyak 5 gram. Kedua bahan tersebut dicapur dalam satu gelas susu yang masih hangat. Minum susu ini ketika hangat dan lakukan sekali saja dalam sehari agar hasil dapat maksimal.

2. Cuka Apel


Cara mengatasi keputihan berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel yang memiliki banyak manfaat ini juga ternyata juga bisa dipakai guna mencuci vagina dan mengatasi infeksi bakteri yang bisa menyebabkan vaginosis vagnitis, kandidiasis dan bakterialis.
Seseorang yang sedang mengalami keputihan sebaiknya menyeimbangkan pH vagina. Bahan yang dapat membantu menyeimbangkan p H tersebut salah satunya adalah cuka apel. Ini karena terdapat kandungan antiseptik serta asam yang bisa menurunkan atau bahkan menghilangkan bau tidak sedap yang timbul saat keputihan, juga memperbaiki kualitas asam vagina.
Untuk cara menggunakannya, cukup dengan mencampurkan cuka dengan air, kemudian gunakan campuran dari kedua bahan tersebut untuk membasuh vagina sebanyak satu sampai dua kali dalam sehari. Campuran tersebut juga bisa diminum selama sekali sehari. Lakukan terus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Delima


Seluruh bagian dari buah delima baik itu akar, kulit batang, buah, bunga sampai kulitnya mengandung flavonoida dan saponin. Akar delima mengandung polifenol, sedangkan pada bagian bunga, buah dan kulit batang mengandung tanin. Zat-zat inilah yang berkhasiat untuk membunuh bakteri sehingga sering dimanfaatkan dan digunakan untuk menangani keputihan.
Tidak hanya itu, buah delima memang terkenal berfungsi bisa mengatasi infeksi jamur. Penyebab keputihan pun salah satunya bisa karena infeksi jamur tersebut.
Cara menggunakan buah delima ini yaitu dengan merebus 30 gram kulit buah delima di dalam 1 liter air. Rebuslah delima tersebut sampai air rebusan hanya tersisa setengahnya. Kemudian, minumlah air hasil rebusan itu ketika masih hangat sebanyak dua kali sehari.

4. Pisang

Pisang adalah buah dengan kandungan glikemik yang tinggi, sehingga dengan adanya kandungan ini kebutuhan gula pada tubuh dapat tergantikan. Bagi seseorang yang mengalami keputihan, salah satu cara mengatasi keputihan adalah menghindari makanan dengan kandungan gula karena kadar gula berlebih bisa menjadi penyebab jamur keputihan tumbuh. Oleh karena itu, pisang menjadi solusi berikutnya.
Anda bisa mulai dengan mengonsumsi pisang sebanyak 2 buah setiap hari saat sedang keputihan. Bisa dengan memakannya secara langsung atau dengan membuat jus kemudian menambahkan yoghurt.

5. Yoghurt


Yoghurt yang tawar atau plain memiliki kandungan konsentrasi bakteri lactobacillus yang cukup tinggi, sehingga sangat berkhasiat untuk menjaga ph di area kewanitaan. Bakteri lactobacillus ini juga bisa memulihkan kembali bagian yang terinfeksi jamur yang menyebabkan keputihan. Selain itu juga dapat membuat vagina mencegah datangnya patogen.
Konsumsilah yoghurt ini sekali saja dalam sehari untuk mendapatkan hasilnya.

6. Cranberry


Cara mengatasi keputihan yang terakhir dengan bahan alami adalah menggunakan buah cranberry. Ini karena cranberry mengandung anti-jamur, antioksidan dan antibiotik yang bisa mencegah bakteri untuk menempel pada dinding vagina dan mengatasi masalah keputihan.
Anda bisa mulai untuk mengonsumsi segelas jus cranberry (tanpa gula), selama 2 sampai 3 kali dalam sehari agar masalah keputihan bisa hilang.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda bisa menangani keputihan yang Anda alami tanpa harus mengeluarkan bahan yang mahal. Selain itu, bahan-bahan alami tidak akan memberikan efek samping pada tubuh sehingga sangat aman untuk digunakan atau dikonsumsi. Bahan yang sudah disarankan di atas pun mudah dicari dan bisa Anda temukan di pasar atau supermarket terdekat.

Cara mengatasi keputihan ini dapat Anda lihat hasilnya dalam jangka waktu yang tidak lama. Jangan lupa untuk mengonsumsi bahan-bahan diatas ditambah dengan menggunakan produk dari Ling Shen Yao secara berkala.

Efek akan terlihat lebih cepat jika menggunakan produk dari Ling Shen Yao sebab obat dan jamu tradisional ini memiliki banyak khasiat yang juga bisa menyembuhkan penyakit lainnya mulai tumor sampai kanker.

Baca Juga : Cara Mencegah Endometriosis Setelah Menopause

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *