Ling Shen Yao

Dijamin Ampuh! Inilah 8 Tips Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu bagi para wanita. Selain menjadikan suasana hati memburuk, rasa sakit akibat nyeri haid juga membuat aktivitas terhambat. Nyeri perut atau menurut istilah medis dysmenorrheal menjadi kondisi umum yang sering dialami wanita pada saat haid atau bahkan sebelum haid. Kondisi ini umum terjadi dengan efek yang berbeda pada setiap wanita. Ada wanita yang biasa saja saat dating bulan ada juga yang mengalami nyeri berat hingga mengharuskannya untuk istirahat.

Nyeri haid terjadi karena adanya pergerakan kontraksi yang diakibatkan oleh proses peluruhan pembuluh darah di dinding rahim. Selama periode haid berlangsung, kontraksi yang terjadi pada dinding rahim lebih kuat dibandingkan dengan hari biasa. Oleh karena itu, rahim akan menekan pembuluh darah dan membuat aliran darah pembawa oksigen menuju rahim menjadi terputus.

Tips mengatasi nyeri haid

Bagi sebagian wanita nyeri haid bisa saja muncul secara tiba-tiba. Siklus haid yang tidak teratur juga membuat wanita tidak dapat melakukan perhitungan masa haid dengan tepat. Terkadang para wanita juga tidak mampu menghindari serangan nyeri haid yang datang tanpa permisi. Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid adalah meminum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau lainnya.

Selain mengkonsumsi obat pereda nyeri ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai tips mengatasi nyeri haid secara alami. Berikut uraian lengkap mengenai tips mengatasi nyeri haid yang bisa anda coba!

1. Perbanyak minum air putih


Minum air putih dalam jumlah yang cukup memang tidak dapat mengurangi rasa nyeri haid secara langsung, namun dengan cukup mengkonsumsi air putih perut menjadi tidak kembung dan nyeri perut pun menjadi terasa ringan. Anda dapat menyediakan sebotol air hangat saat anda berpergeian atau hendak melakukan aktivitas. Tambahan perasan jeruk lemon juga disarankan untuk menggugah selera minum anda. Hal ini karena mood biasanya menjadi buruk saat haid datang.

2. Kompres dengan menggunakan air hangat


Tips mengatasi nyeri haid berikutnya adalah dengan mengompres perut bagian bawah dengan air hangat. Anda dapat menggunakan botil khusus kompres ataupun menggunakan handuk basah. Tips mengatasi nyeri haid ini dianggap cukup efektif untuk meredakan ngilu dan nyeri pada bagian sekitar perut bawah. Dengan mengompres menggunakan air hangat ini bagian otot rahim menjadi rileks sehingga nyeri pun menjadi reda.

3. Menggunakan minyak esensial


Minyak esensial memiliki kandungan bahan alami seperti lavender, cengkeh dan kayu manis. Bahan alami tersebut dipercaya bagus untuk membantu meredakan nyeri saat haid. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa minyak esensial mampu memberikan rasa rileks saat nyeri haid meradang dari pada menggunakan minyak biasa. Oleh karena itu anda bisa mencoba memijat perut menggunakan minyak esensial dengan tambahan minyak biasa untuk meredakan nyeri haid.

4. Melakukan olahraga ringan


Saat sedang haid tidak sedikit wanita yang merasa enggan untuk melakukan aktivitas. Namun akan lebih baik jika kita melawan godaan mager tersebut dengan melakukan aktivitas contohnya olahraga ringan. Tips mengatasi nyeri haid sederhana ini bisa anda lakukan dengan peregangan, berlari ataupun jalan santai sehingga tubuh dapat memproduksi hormon endorphin untuk meredakan rasa nyeri.

5. Mengkonsumsi makanan yang sesuai


Saat mengalami nyeri menstruasi anda dapat mengkonsumsi makanan kaya serat dan rendah lemah sebagai tips mengatasi nyeri haid. Beberapa jenis makanan yang disarankan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan, dan juga biji-bijian. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan dan juga makanan cepat saji.

6. Mengkonsumsi kunyit asam


Kunyit asam merupakan salah satu obat herbal yang dipercaya ampuh sebagai tips mengatasi nyeri haid. Kunyit asam memiliki kandungan kurkumin yang dapat menghambat produksi prostaglandin berlebih pada rahim. Namun usahakan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi kunyit asam karena dapat memicu terjadinya sakit perut dan penyakit maag. Bagi anda yang suka meminum jamu kunyit asam sebaiknya konsumsi dengan batas yang wajar.

7. Akupuntur


Tips mengatasi nyeri haid berikutnya adalah dengan akupuntur. Selain dapat membantu meredakan nyeri saat haid, akupuntur juga bagus untuk memperbaiki siklus haid.

8. Mengkonsumsi obat pereda nyeri


Tips mengatasi nyeri haid yang cukup mudah dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Salah satu jenis obat pereda nyeri yang dijual dipasaran adalah obat dengan kandungan parasetamol. Ling Shen Yao juga sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin meredakan nyeri haid dengan konsumsi obat. Obat herbal ini sangat aman dikonsumsi baik saat anda sedang haid maupun sebelum haid. Anda dapat berkonsultasi pada apoteker atau dokter anda terlebih dahulu mengenai kadar wajar untuk konsumsi harian anda.

Ling Shen Yao diproduksi dari tumbuhan berkhasiat yang sudah memiliki izin dari BPOM. Oleh karena itu anda tidak perlu ragu untuk meminum produk herbal yang satu ini. Selain bagus sebagai tips mengatasi nyeri haid, mengkonsumsi produk Ling Shen Yao juga bagus untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit lain seperti kista, tumor, miom dan juga kanker.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *