Ling Shen Yao

Daftar Makanan Penyebab Kista yang Wajib Kita Waspadai

Kista merupakan benjolan berisi udara, cairan maupun zat padat lain yang terdapat di bagian bawah kulit. Kista bisa terletak di bagian tubuh mana saja seperti bagian belakang lutut, payudara, sisi leher, ovarium atau area persendian. Penyebab penyakit ini pun beragam, bisa karena faktor keturunan, infeksi, radang, pertumbuhan sel tidak normal atau makanan penyebab kista.

Makanan Penyebab Kista

Ada beberapa jenis makanan penyebab kista yang perlu kita waspadai agar kita terhindar dari penyakit tersebut. Memperhatikan asupan makanan yang sehat tidak hanya bermanfaat untuk menghindari kista saja, namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tidak terkena penyakit lainnya. Berikut beberapa daftar nama makanan penyebab kista yang wajib kita hindari.

1. Makanan siap saji


Makanan siap saji atau fast food yang tersedia di restoran maupun makanan instan yang tersaji dalam bungkusan merupakan makanan penyebab kista yang harus kita hindari. Hal ini karena makanan siap saji tersebut biasanya mengandung pengawet dan juga lemak jenuh dalam kadar tinggi yang dapat mengancam kesehatan kita salah satunya organ reproduksi.
Usahakan untuk menghindari konsusmi mi instan secara berlebih, menu makanan siap saji yang disediakan di restoran seperti ayam goreng, burger, pizza dan lain-lain.

2. Daging merah


Makanan penyebab kista selanjutnya adalah daging merah. Konsumsi daging merah seperti daging kambing, daging sapi maupun daging kerbau memang sudah sejak dulu disarankan untuk tidak dikonsumsi secara berlebih. Hal tersebut karena konsumsi daging merah dalam jumlah terlalu banyak dapat mengganggu pertumbuhan hormon hingga akhirnya memicu terjadinya kista.
Bagi anda yang suka mengkonsumsi daging usahakan untuk lebih memilih daging putih seperti daging bebek, daging ayam dan juga ikan air tawar.

3. Seafood


Makanan dengan kandungan kolesterol tinggi dapat mengganggu kesehatan rahim hingga memicu terjadinya kista. Seafood merupakan makanan berkolesterol tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi seafood usahakan untuk memilih jenis seafood yang kandungan kolesterolnya rendah seperti tiram, ikan tuna dan juga ikan kod.

4. Makanan manis


Makanan penyebab kista berikutnya adalah makanan manis. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi memang tidak dilarang, namun jika konsumsi makanan tersebut berlebihan maka dapat memicu terjadinya penyakit.
Gula dengan kadar terlalu banyak dan masuk dalam tubuh dapat membuat produksi insulin meningkat. Hal tersebut akan membuat kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Bagi anda yang sudah mengalami penyakit kista, mengkonsumsi makanan manis sangat tidak disarankan karena dapat memperburuk keberadaan kista tersebut.

5. Gandum


Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang cocok untuk dikonsumsi sebagai menu makanan pokok. Namun gandum juga menjadi salah satu makanan penyebab kista jika dikonsumsi secara berlebihan karena gandum memiliki kandungan asam filtrat.
Kandungan asam fitat tersebut dapat mengikat mineral yang terdapat di dalam tubuh dan memicu terjadinya kista. Selain gandum, kentang dan roti tawar juga termasuk dalam daftar makanan penyebab kista yang disarankan untuk tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebih bagi anda yang sudah memiliki riwayat penyakit kista.

6. Alkohol


Konsumsi alkohol memang sangat tidak disarankan karena dapat mengganggu kesehatan termasuk salah satunya menyebabkan munculnya kista. Hal ini karena alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan membuat hormon estrogen dalam tubuh meningkat. Jika hormon dalam tubuh tidak seimbang maka kista dapat muncul dan mengakibatkan gangguan kesehatan yang lain jika dibiarkan dalam jangka panjang.

7. Soda


Selain alkohol, soda juga perlu diwaspadai karena dapat memicu terjadinya kista. Soda mengandung gula yang cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

8. Kafein


Kafein yang terdapat dalam teh, kopi dan juga makanan ataupun minuman lain menjadi salah satu daftar makanan penyebab kista yang harus dihindari. Hal ini karena kafein dapat mengganggu hormon dalam tubuh hingga memicu munculnya kista.

9. Buah nanas


Rasa asam yang muncul dari nanas dapat mengganggu organ reproduksi wanita dan juga sistem pencernaan. Konsumsi buah ini dalam jumlah berlebih dapat memperburuk keberadaan kista yang terdapat pada ovarium.

10. Buah nangka


Selain buah nanas, ternyata buah nagka juga harus dihindari untuk mencegah terjadinya kista. Buah nangka memiliki kandungan alkohol yang dapat memicu kista bahkan memperburuk keberadaan kista yang sudah ada sebelumnya.

11. Cabe, tauge dan sawi putih


Makanan penyebab kista berikutnya adalah sayuran sawi putih, tauge dan juga cabe. Ketida sayuran tersebut memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi dan dapat memicu terjadinya kista.

12. Keju


Di dalam keju terdapat kandungan lemak yang tidak bagus bagi penderita kista. Konsumsi keju dalam jumlah berlebih sebaiknya dihindari agar tidak memicu munculnya kista dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan penyebab kista yang sebaiknya dihindari agar kita terhindar dari penyakit tersebut. Selain menjaga asupan makanan, konsumsi obat herbal juga disarankan untuk mengatasi kista.

Produk Ling Shen Yao merupakan produk herbal yang berkhasiat untuk mengatasi endometriosis, miom, kista dan juga gangguan kesehatan yang terjadi pada rahim. Selain itu, obat herbal ini juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Oleh karena itu usahakan untuk memilih produk alami yang terbukti aman tanpa efek samping untuk menunjang kesehatan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *