Ling Shen Yao

Apakah Benjolan di Ketiak Berbahaya?

Apakah Anda pernah mengalami adanya benjolan yang terjadi pada ketiak? Jangan panik dulu, mungkin saja benjolan tersebut tidak berbahaya. Namun pada beberapa kasus ada juga benjolan di ketiak berbahaya dan harus diwaspadai, tergantung pada penyebabnya. Ada baiknya Anda segera mungkin konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Benjolan di ketiak ini muncul akibat pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Kebanyakan benjolan yang muncul di ketiak biasanya tidak berbahaya, namun bisa juga disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan yang bermasalah. Lalu apa saja penyebab adanya benjolan di ketiak? Berikut penjelasannya.

Penyebab Benjolan di Ketiak Berbahaya

Umumnya benjolan di ketiak dapat muncul karena terjadi karena terjadinya pembesaran kelenjar getah bening pada bawah lengan. Kelenjar getah bening ini merupakan kelenjar yang terdapat di seluruh tubuh dan memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Selain kelenjar getah bening, berikut beberapa penyebab benjolan di ketiak :

1. Infeksi


Benjolan di ketiak dapat diakibatkan oleh infeksi dari bakteri, jamur cacar air, virus (mononucleosis), HIV/AIDS dan dapat pula diakibatkan oleh beberapa reaksi dari vaksinasi untuk berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus. Hal tersebut menyebabkan benjolan di ketiak bagi kesehatan tubuh.
Benjolan di ketiak yang diakibatkan oleh infeksi dari bakteri harus segera diobati karena pada kondisi yang sudah parah dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Komplikasi serius yang disebabkan oleh bakteri ini dapat mengancam jiwa penderitanya. Benjolan di ketiak dapat menyebabkan gatal dan rasa nyeri bagi penderitanya sehingga dapat menggaggu aktivitasnya.

2. Penyakit Autoimun


Sistem kekebalan tubuh yang menurun dapat menyerang jaringan sehat yang ada di dalam tubuh, inilah yang disebut dengan autoimun. Beberapa penyakit autoimun yang dapat menyerang tubuh yaitu lupus eritematus sistemik, arthritis rheumatoid pada remaja, dan rheumatoid arthritis yang merupakan autoimun yang sudah kronis yang ditAndai peradangan pada sendi.
Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi apabila sel imun tubuh menyerang sel normal lainnya, dimana sel normal lainnya ini menjadi target berbeda di setiap kasus penyakit autoimun. Salah satu serangan sel imun ini menyebabkan pembesaran beberapa jaringan elenjar dalam tubuh sehingga mengakibatkan munulnya benjolan, salah satunya pada daerah ketiak.

3. Kanker


Kanker merupakan penyakit akibat tumbuhnya sel abnormal yang tidak dapat dikendalikan oleh tubuh. Benjolan yang tumbuh di ketiak bisa saja merupakan penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis kanker antara lain limfoma Hodgkin, limfoma non-Hodgkin, Kanker yang sudah terlanjur menyebar ke jaringan kelenjar getah bening, dan leukemia.
Beberapa kanker tersebut harus selalu Anda waspadai gejalanya agar tidak semakin parah penyebarannya. Beberapa jenis kanker tersebut akan ditunjukkan dengan munculnya benjolan di ketiak berbahaya bagi kesehatan tubuh dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari karena rasa gatal dan nyeri yang ditimbulkan.

4. Kondisi Yang Tidak Menular


Beberapa kondisi adanya benjolan di ketiak merupakan kondisi yang tidak menular. Beberapa kondisi tersebut yaitu kista, trauma, alergi, sindrom kelelahan kronis,lipoma, obstruksi limfatik dan juga beberapa orang yang memiliki jaringan payudara yang meluas di sekitar ketiak. Kondisi tersebut tergantung pada sistem kekebalan tubuh.
Beberapa kondisi munculnya benjolan di ketiak dan tidak akan tergantung pada penyebabnya. Meskipun tidak menular, benjolan tersebut harus selalu diwaspadai agar tidak menimpulkan penyakit lain. Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi benjolan di ketiak berbahaya maupun tidak.

Cara Mengatasi dan Mencegah Munculnya Benjolan di Ketiak

Saat Anda mengamati adanya perubahan atau adanya benjolan di ketiak, jangan langsung panik. Anda perlu mengenali ciri-cirinya terlebih dahulu agar tidak salah dalam penanganannya. Anda dapat mengompres dengan air hangat secara perlahan terlebih dahulu, kemudian memijat area benjolan dengan pelan-pelan.

Menjaga area ketiak selalu bersih agar terbebas dari beberapa infeksi jamur, virus maupun bakteri. Saat Anda mandi, ada baiknya menggunakan air bersih yang hangat serta selalu berhati-hati dalam membersihkan area benjolan. Anda dapat menggunakan pakaian-pakaian yang nyaman dan longgar untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Untuk kondisi benjolan yang sudah parah, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan dengan dokter apakah benjolan di ketiak bagi kesehatan Anda atau tidak. Namun pola hidup sehat harus selalu di lakukan untuk mencegah datangnya penyakit masuk ke dalam tubuh Anda. Olahraga rutin, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat, bergizi dan seimbang.

Benjolan di ketiak berbahaya atau tidak tergantung pada penyebab dan cara penanganannya. Cara penanganan yang salah juga dapat menyebabkan benjolan di ketiak berbahaya untuk penderitanya.

Nah, demikian merupakan beberapa ulasan apakah benjolan di ketiak berbahaya atau tidak untuk Anda. Anda yang memiliki gejala benjolan di ketiak dapat mencoba produk herbal dari Ling Shen Yao. Produk herbal ini sudah teruji secara klinis dan sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *