Ling Shen Yao

Apa Saja Pengobatan Endometriosis yang dapat Dilakukan?

Sebagai seorang perempuan, Anda tentu sudah tidak asing lagi mengenai istilah endometriosis? Endometriosis merupakan salah satu kondisi dimana jaringan yang membentuk lapisan dinding rahim tumbuh di daerah luar rahim. Saat seseorang mengalami kondisi tersebut maka ia wajib segera mencari tahu apa saja pengobatan endometriosis.

Pada dasarnya, jaringan yang tumbuh secara tidak normal tersebut dinamakan endometrium. Adapun endometrium tersebut bisa saja tumbuh di beberapa tempat. Seperti tuba falopi (saluran idung telur), usus, rektum (bagian akhir usus yang terhubung ke anus), hingga vagina.

Pada kasus endometriosis sendiri, jaringan endometrium tumbuh diluar rahim serta ikut menebal. Jika dalam keadaan sebelum menstruasi, keadaan normalnya endometrium menebal sebagai tempat menempel sel telur yang dibuahi. Sementara saat perempuan tersebut tidak hamil, maka jaringan endometrium tersebut luruh dan keluar sebagai darah menstruasi.

Sementara yang disebut sebagai endometriosis tersebut tidak ikut keluar dan luruh lewat menstruasi. Hal itulah yang dapat menyebabkan seseorang merasakan keluhan berupa nyeri hingga kemandulan. Pada keadaan tertentu, apa saja pengobatan endometriosis sangat perlu dilakukan agar tidak bertambah stadium endometriosis itu sendiri.

Beberapa Stadium pada Endometriosis

Sebelum Anda mengetahui apa saja pengobatan endometriosis, perlu Anda ketahui juga beberapa stadium dari penyakit tersebut. Semuanya didasarkan pada lokasi, ukuran, jumlah, serta kedalaman endometrium itu sendiri. Di bawah ini beberapa tingkatannya yang bisa Anda ketahui:

  • Endometriosis berat

Memiliki ciri adanya jaringan endometrium yang berada di idung telur, salurang idung telur, usus, serta dinding panggul.

  • Endometriosis menengah

Adanya beberapa jaringan endometrium yang cukup pada indung telur.

  • Endometriosis ringan

Yakni jaringan endometrium yang kecil maupun dangkal pada dinding panggul maupun indung telur.

  • Endometriosis minimal

Munculnya jaringan endometrium kecil/dangkal pada idung telur. Bisa juga muncul peradangan pada sekitar rongga panggul.

Beberapa stadium penyakit di atas tentu wajib diwaspadai semuanya. Anda dapat mengetahui gejala dan penyebabnya di bawah ini.

Beberapa gejala dan penyebab endometriosis

Endometriosis pada seseorang dapat ditandai dengan beberapa gejala di bawah ini:

  1. Sakit saat buang air kecil ataupun buang air besar
  2. Volume darah berlebihan yang dialami saat seorang wanita tersebut menstruasi
  3. Nyeri pada perut bagian bawah serta panggul

Adapun beberapa penyebab endometriosis diduga bersangkutan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh. Ataupun terjadi akibat darah menstruasi yang tidak normal sehingga berbalik arah tidak seperti seharusnya. Lalu, seperti apakah pengobatan endometriosis tersebut?

Pengobatan Endometriosis yang Perlu Anda Ketahui

Seperti penjelasan mengenai gejala endometriosis, seseorang yang mengalami penyakit tersebut perlu melakukan beberapa pengobatan. Terdapat beberapa pengobatan endometriosis yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah pengobatan lewat dokter dengan dilakukannya laparoskopi.

Apa itu laparoskopi? Pengobatan endometriosis yang satu ini berarti dokter melakukan pembiusan umum/pembiusan setengah badan pada pasien. Selanjutnya, dibuatlah sayatan kecil pada area pusar kemudian akan dimasukkan sebuah tabung kecil beserta kamera laparoskop.

Adanya kamera yang dipasang pada tabung kecil tersebut digunakan untuk melihat seperti apa bagian dalam perut dari pasien. Pada pengobatan endometriosis bernama laparoskopi ini sendiri, dokter akan mengambil sampel jaringan atau yang disebut dengan biopsi untuk kemudian diteliti pada laboratorium khusus.

Setelah itu, dokter nantinya dapat mendiagnosis sekaligus menentukan pengobatan apa yang tepat pada pasien. Lantas, adakah pengobatan lain yang bisa dilakukan? Pada dasarnya pengobatan endometriosis ini ditujukan untuk memperlambat pertumbuhan endometrium, mengurangi gejala yang dirasakan, meningkatkan kesuburan, serta mencegah kekambuhannya.

Adapun pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan prosedur bedah, pemberian obat, hingga terapi hormon. Beberapa pengobatan endometriosis tersebut tergantung seperti apa tingkat keparahan penyakit itu sendiri. Di bawah ini beberapa pengobatan lain yang bisa ditempuh:

1. Obat-obatan

Pada pengobatan ini, dokter akan memberikan pasien obat pereda nyeri agar dapat mengurangi rasa nyeri.

2. Terapi hormon

Merupakan salah satu metode yang dilakukan guna memperlambat tumbuhnya jaringan endometriosis. Yakni dengan cara membatasi bahkan menghentikan produksi hormon esterogen.

3. Laparotomi

Adalah metode pengobatan yang dilakukan jika ukuran serta keadaan endometriosis tersebut sangat parah dan besar. Adapun pengobatan dilakukan dengan membuat sayatan lebar pada daerah perut. Dengan begitu, dokter dapat menjangkau organ kemudian mengangkat jaringan tersebut.

4. Histerektomi

Merupakan pengobatan yang dilakukan dengan cara pengangkatan organ dalam wanita. Seperti pengangkatan kedua ovarium, pengangkatan rahim, hingga serviks. Tentu saja pengangkatan tersebut tidak menjamin endometriosis tidak kambuh. Dengan pengangkatan organ tersebut, metode ini sendiri merupakan metode terakhir yang bisa dipilih.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai pengobatan endometriosis. Menyimak berbagai informasi di atas, tentu sebagai seorang wanita akan lebih baik untuk mencegahnya daripada mengobati. Namun, bagi Anda yang sudah menderita penyakit tersebut jangan berkecil hati.

Saat ini, Anda bisa mencoba beberapa herbal alami untuk membantu mengurangi penyakit tersebut. Anda bisa memilih Ling Shen Yao sebagai obat herbal alami China yang dapat digunakan untuk menekan pertumbuhan sel kanker, tumor, miom, dan berbagai penyakit lainnya seperti endometriosis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *