Ling Shen Yao

6 Akibat Salah Ukuran Bra yang Fatal

Seiring dengan bertambahnya usia, menjaga kondisi kesehatan payudara menjadi hal penting untuk diperhatikan supaya terhindar dari resiko masalah kesehatan wanita terkait payudara. Salah satunya dengan memilih ukuran bra yang tepat sebab akibat salah ukuran bra juga sangat fatal untuk kesehatan.

Secara umum, memakai bra mempunyai beberapa manfaat antara lain :

  • Membentuk tampilan payudara supaya lebih indah
  • Mengurangi goncangan pada bagian payudara saat melakukan kegiatan
  • Membentuk postur tubuh

Dikutip dari laman John Hopkins All Children’s Hospital, diungkapkan bahwa menggunakan bra berukuran tepat bisa membantu menjaga kesehatan sebab organ ini dapat tertopang dengan baik.

Tujuannya yakni untuk mencegah cidera pada jaringan payudara. Dengan memilih ukuran bra yang tepat tentu akan membantu wanita terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang mungkin mengintai.

Akibat Salah Ukuran Bra

Dikutip dari laman National Breast Cancer Fondation, disebutkan bahwa 4 dari 5 perempuan memakai ukuran bra yang tidak sesuai atau salah. Akibat salah ukuran bra yang kekecilan atau kebesaran yakni membuat wanita merasa tidak nyaman. Selain itu, pemakaian bra yang ketat dapat memicu masalah kesehatan tertentu. Adapun beberapa akibat salah ukuran bra antara lain :

1. Nyeri payudara

Nyeri dadan dan payudara menjadi hal yang normal dalam kehidupan wanita. Misalnya, saat sedang menstruasi, hamil, menyusui atau dalam fase perimenopause. Akan tetapi, kondisi ini juga dapat terjadi sebagai salah satu akibat salah ukuran bra, yakni kekecilan atau terlalu ketat. Dengan bra yang ketat menjadikan jaringan payudara merasakan tekanan berlebih.

Disamping itu, penyebab yang lain yakni karena ligamen yang menggabungkan payudara pada dinding dada menjadi renggang dan menyebabkan rasa nyeri.

2. Masalah pada kulit

Akibat salah ukuran bra yang lain yaitu mengalami masalah kulit, misalnya folukulitis, dermatitis, ruam dan gatal-gatal. Bra yang ketat tentu akan menggesek kulit dan menyebabkan keringat muncul secara berlebih. Ini juga bisa mengakibatkan peradangan dan iritasi.

Selain itu, jamur atau bakteri yang ada pada permukaan kulit menjdai mudah menembus folikel rambut dan menyebabkan infeksi.

3. Sakit punggung

Gangguan kesehatan yang umum terjadi akibat salah ukuran bra adalah rasa tidak nyaman pada bagian punggung. Ini terjadi karena bra memberikan tekanan di bagian tulang belakang karena tali dan bra yang kekecilan. Sedangkan, tali atau bra yang longgar tadak mampu menopang dada secara sempurna.

Bagi Anda yang memiliki ukuran dada besar, ini menyebabkan otot punggung perlu bekerja keras serta menahan beban payudara dan mengakibatkan sakit punggung.

4. Sakit leher dan bahu

Tidak hanya punggung saja, bra dengan ukuran yang ketat juga bisa mempengarui kondisi kesehatan di area leher dan bahu. Tekanan syaraf pada bahu bisa menyebabkan Anda mati rasa bahkan kesemutan pada bagian jari.

Oleh karena itu, salah ukuran bra ini bisa saja terjadi dan membuat bahu serta leher Anda terasa tidak nyaman. Terlebih jika tali bra Anda meninggalkan bekas merah di kulit serta memicu munculnya sindrom kostoklavikularis.

Tali bra bisa menekan pembuluh darah serta arteri pada area bahu dan leher. Kondisi ini pula yang menyebabkan tekanan di bawah tulang selangka dan menjadikan area bahu sampai bagian lengan terasa tidak nyaman atau sakit.

5. Sakit kepala

Berikutnya yakni kurangnya dukungan di belahan dada. Ini menjadikan otot punggung dan otot leher bagian atas bekerja dengan keras dalam menopang beban payudara.

Kondisi ini akan membuat leher menadi bekerja terlalu banyak dan menyebabkan sakit kepala di bagian belakang yang disebut juga dengan sakit kepala cervicogenic. Akan tetapi, sakit kepala akibat salah ukuran bra ini masih memerlukan riset lebih lanjut.

6. Masalah payudara yang lain

Selain beberapa masalah diatas, kesalahan dalam memilih ukuran bra juga bisa menyebabkan masalah pada ligamen payudara. Ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri di area payudara serta mengakibatkan payudara terlihat kendur.

Dalam sebuah riset disebutkan bahwa ada kolerasi antara pemakaian bra ketat dalam beberapa jam sehingga mengakibatkan resiko kanker payudara. Untuk menghindari dampak negatif dari kesalahan pemilihan ukuran bra ini maka pastikan Anda selalu memperhatikan kenyamanan Anda.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa akibat salah ukuran bra yang sebaiknya diketahui oleh wanita. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bahwa kita harus senantiasa memilih ukuran bra yang sesuai agar mendapatkan fungsi bra dengan maksimal serta mencegah resiko masalah kesehatan yang mengintai.

Disamping itu, bagi Anda yang merasakan masalah kesehatan akibat ukuran bra yang salah, Anda bisa mengkonsumsi obat herbal Ling Shen Yao untuk meredakannya. Obat herbal ini diproduksi dari bahan alam berkualitas yang bisa dikonsumsi tanpa efek samping. Obat herbal Ling Shen Yao juga dijamin aman karena sudah diuji secara klinis dan bersertifikat Halal dari MUI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *